Selasa, 29 Juli 2014
Kemendagri Rencanakan Ganti Gubri Rusli Zainal
23 Oktober 2013


Dirjen Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan di Jakarta, Selasa kemaren mengatakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera memproses pengangkatan pejabat Gubernur Riau menggantikan posisi HM. Rusli Zainal sebelum gubernur yang baru terpilih.

Hal ini guna mengantisipasi kekosongan posisi gubernur Riau setelah ditinggalkan Gubernur Riau HM Rusli Zainal yang masa jabatanya akan berakhir pada 21 November mendatang.

“Kita akan segera memproses pejabat Gubernur Riau menggantikan posisi Rusli Zainal yang masa jabatannya berakhir pada 21 November 2013 mendatang, dan kita segera mengajukannya kepada presiden,” kata dia.

Dijelaskan Djohermansyah Djohan, untuk posisi pejabat gubernur sampai terpilihnya gubernur definitif, Kemendagri sebutnya akan menetapkan seorang PNS level eselon I dari pusat. "Pejabat tersebut mesti orang yang paham pemerintahan untuk memimpin Riau pada masa transisi sampai dilantiknya gubernur Riau terpilih," sebutnya.

Sebagaimna diketahui, pemilihan gubernur Riau putaran kedua baru akan berlangsung pada 27 November. Sementara, masa tugas Gubernur HM Rusli Zainal bersama pasangannya Wakil gubernur HR Mambang Mit akan berakhir 21 November. Djohermansyah memperkirakan pelantikan Gubernur Riau yang baru dilakukan Januari 2014.

Saat ditanya, apakah ada kemungkinan HR Mambang Mit yang ditetapkan sebagai pejabat Gubernur Riau, Djohermansyah menegaskan bahwa pemerintah pusat tidak akan menetapkannya sebagai pejabat Gubernur Riau, karena hal itu tidak dibolehkan. Kecuali lanjutnya, sebagai Plt Gubernur Riau sampai akhir masa baktinya seandainya KPK yang sudah menahan Rusli Zainal sebagai tersangka sejak empat bulan lalu, sudah melakukan proses penuntutan sebelum 21 November itu.

“Tidak mungkin kita menetapkan Mambang Mit sebagai pejabat gubernur. Beliau kan orang yang akan digantikan,” terangnya.

Lebih jauh Djohermansyah Djohan belum bisa menjelaskan, siapa PNS level eselon I yang bakal diusulkan ke presiden untuk menjadi penjabat gubernur Riau yang akan mengawal pelaksanaan Pilgubri putaran kedua nanti, serta menjalankan roda pemerintahan sampai dilantiknya gubernur yang baru.

“Nanti Mendagri akan mengusulkan pejabat eselon I untuk menjadi penjabat gubernur Riau kepada presiden. Bisa dari lingkungan Kementerian Dalam Negeri, bisa juga dari instnasi lain. Yang penting, dia adalah figur yang mengerti pemerintahan dan paham kondisi daerah,” terangnya. (lib)

Kemendagri Carikan Ganti Rusli Zainal

Dijual Rumah Mewah

Daripada deposito di bank dengan bunga rendah, lebih baik beli rumah yang sudah ada penyewanya, yang menghasilkan passive income

comments powered by Disqus
Terjaring Razia Tim Yustisi Gabungan, Oknum Polisi Melarikan Diri

Terjaring Razia Tim Yustisi Gabungan, Oknum Polisi Melarikan Diri

24 Mei 2014 Indragiri Hilir

Kabar Kriminal - Tim Yustisi Gabungan berhasil menjaring 47 pelaku mesum dalam operasi penyakit masyarakat (Pekat), Kamis (22/5)

Hasil Pleno KPU Bengkalis, Jokowi-JK Unggul 54,70 Persen

Hasil Pleno KPU Bengkalis, Jokowi-JK Unggul 54,70 Persen

17 Juli 2014 Bengkalis

Rapat Pleno Rekapitulasi surat suara Pilpres, Rabu (16/7/14), menempatkan pasangan Jokowi-JK sebagai pemenang dibandingkan