Warga Kampung Pulau Minta Bantuan Jaring Burung Saat Jumat Curhat Polres Inhu

Warga Kampung Pulau Minta Bantuan Jaring Burung Saat Jumat Curhat Polres Inhu

Kabar Inhu - Pekan ini, Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau melaksanakan kegiatan rutin, Jumat Curi Hati Masyarakat (Curhat) di Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat. Saat acara itu, masyarakat minta bantuan jaring untuk menutupi lahan pertanian dari ancaman burung pemakan padi.

Selain bantuan jaring, ada beberapa permasalahan yang kerap terjadi ditengah-tengah masyarakat Kampung Pulau, diantaranya, ketika musim kemarau, sangat sulit mendapatkan pinjaman mesin pompa air, selain itu remaja dan pemuda setempat lebih memilih bermain gadget daripada membantu orang tua di kebun dan sawah.

Jumat Curhat yang dipimpin Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K diwakili Kabag Log Polres Inhu, Kompol Aro Gea didampingi sejumlah Perwira Polres Inhu tersebut dilaksanakan, Jumat 6 Oktober 2023 pagi, di pondok Kelompok Tani (Poktan) Tani Ladang, Desa Kampung Pulau.

Terkait kegiatan ini, Kapolres Inhu melalui PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran, Jumat siang menjelaskan, berbagai keluhan warga Kampung Pulau ini direspon dengan baik oleh Polres Inhu.

Mengenai bantuan jaring burung, Polres Inhu akan membantu Poktan di Desa Kampung Pulau melalui Bhabinkamtibmas mengunakan anggaran sarana kontak, akan memberikan bantuan berupa jaring burung, untuk membantu masyarakat mengatasi hama burung pemakan padi.

Kemudian, soal remaja dan pemuda yang gemar bermain gadget daripada bertani atau berkebun, maka di imbau pada orang tua agar tidak pernah bosan memperingati anak-anaknya untuk mengurangi waktu bermain handphone dan diajari membantu orang tua.

Soal sulitnya meminjam pompa air untuk mengairi sawah saat musim kemarau, sementara waktu, masyarakat dapat meminjam mesin-mesin pompa air milik Polres Inhu, tentunya dilengkapi surat pinjam pakai dan administrasi lainnya.

Diakhir acara, Polres Inhu mengimbau masyarakat untuk cerdas menghadapi cuaca ekstrim seperti sekarang ini, saling mengingatkan sesama masyarakat agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar. Kemudian, bagi masyarakat yang hobi memancing pada lokasi yang mudah terbakar, agar tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Kegiatan yang mendapat respon positif dari masyarakat Kampung Pulau itu dihadiri juga oleh KBO Sat Binmas Polres Inhu, Iptu Subhan, Bhabinkamtibmas Desa Kampung Pulau, Bripka A. Pakpahan, sejumlah personel Polres Inhu, Ketua KTNA Kecamatan Rengat, Mastarudin dan pengurus serta masyarakat yang tergabung dalam Poktan Tani Ladang.