Ditinggal Yasinan, Satu Unit Rumah di Kuansing Terbakar

Ditinggal Yasinan, Satu Unit Rumah di Kuansing Terbakar

TERBAKAR - Diduga Karena Konseling, Satu Unit Rumah Warga di Kabupaten Kuansing 'Dilalap Sijago Merah'.

KUANSING - Di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau, 'sijago merah' mengamuk dan melahap satu rumah warga dengan kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah.

Insiden inj terjadi Kamis malam (14/09) di Dusun Kauman Desa Muara Langsat Kecamatan Sentajo Raya, Kuansing, sekitar pukul 20.21 Wib yang mengakibatkan sejumlah peralatan Elektronik, perkakas rumah, Pakaian, dan 2 unit sepeda motor hangus terbakar.

"Estimasi kerugian materil mencapai tiga ratus juta," kata Kapolres Kuansing AKBP Pangucap dan Kapolsek Benai Ipda A Candra Widodo melalui Kasi Humas Polres Kuansing, AKP Feri, Jumat (15/9/23).

Keterangan dari kepolisian, rumah tersebut adalah milik Pak Dendeng (Alm) / Sdr. Tri Agus Widodo (26) warga Dusun Kauman Desa Muara Langsat Kecamatan Sentajo Raya.

Kuat dugaan rumah tersebut 'dilahap sijago merah' karena arus pendek (korsleting) aliran listrik di ruangan belakang rumah sehingga api menjalar cepat ke rumah.

Pas saat kejadian, pengamanan hingga upaya penjinakan api dilakukan langsung Bhabinkamtibmas Bripka Aldestan dan Babinsa Marijal serta Satpol PP dan masyarakat setempat dibantu dua unit alat pemadam kebakaran jenis Fuso dan Coltdiesel.

Kronologi bermula pada hari Kamis (14/09/2023) pukul 18.00 wib, pemilik rumah dan keluarga bepergian ke acara yasinan tetangga sehingga rumah korban dalam keadaan kosong penghuni.

Namun malang tak dapat ditolak, pada saat Doa Yasinan berlangsung sekitar pukul 20.21 Wib, korban pemilik rumah Tri Agus Widodo bersama masyarakat mendengar ada ledakan keras yang berasal dari ruangan belakang rumah korban. 

"Sontak saudara Tri Agus Widodo keluar dari rumah Yasinan lalu merlihat api sudah menyala dari ruangan belakang rumahnya," ungkap, Candra.

Melihat situasi itu, korban dibantu masyarakat berusaha memadamkan api dengan peralatan manual berupa semprot solo dan ember lalu disusul 2 Unit Mobil Damkar sehingga sekitar pukul 22.30 Wib api berhasil dipadamkan. (krc).