"Maling" BBM Illegal Tapping Dengan Bebasnya Beroperasi di Medan Belawan, Warga : "Kami Takut Meledak"

"Maling" BBM Illegal Tapping Dengan Bebasnya Beroperasi di Medan Belawan, Warga : "Kami Takut Meledak"

Photo : Kepling Dan Warga Lingkungan 15 Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan

Kabar Medan - Minyak mentah merupakan sumber daya alam strategis dan tak terbaharukan yang terkandung didalam wilayah hukum pertambangan Indonesia yang dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. 

Namun pada beberapa tahun terakhir ini produksi minyak mentah menurun salah satu penyebabnya permasalahan keamanan, yakni pencurian minyak mentah dan asset.

Akibat dari pencurian ini mengakibatkan kerugian keuangan Negara dan dampak lingkungan dari proses pencurian minyak tersebut yang dikenal dengan illegal tapping.

Illegal Tapping merupakan aktifitas yang sangat berbahaya. Selain bisa merugikan pelaku juga berakibat kerusakan lingkungan.

Awak media mendapatkan kiriman Video praktek Illegal Tapping yang terjadi di Kelurahanan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Sumatera Utara.

Ustadz Yusuf Kepala Lingkungan 15 Lorong Ujung Tanjung , Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan Kota Medan mengatakan bahwa  selaku Kepling bersama warga dirinya menyatakan keberatan pengambilan liar minyak Pertamina oleh Oknum tertentu

"Kita Minta Aparat Setempat, Penegak Hukum, Pertamina cepat menyelesaikan permasalahan di lingkungan kami, karena kalau seandainya terjadinya kebakaran maka merugikan pihak pemerintah ratusan juta, menimbulkan kerusakan yang sangat parah bahkan mungkin boleh jadi menimbulkan kerugian yang sangat banyak oleh karenanya kami minta keseriusan dari bapak Pertamina atau pengurus Pertamina atau aparat pemerintah untuk segera menuntaskan permasalah ini jangan sampai berlarut- larut semoga dapat di pahami," ungkapnya, Sabtu, 3 Juni 2023

Rahmadsyah Aktifis yang tergabung dalam LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara Indonesia (Penjara) Kota Medan menjelaskan, tapping ialah pipa yang ditempelkan ke pipa lain, dengan tujuan mengalirkan minyak mentah(crude oil).

Dia juga mengungkapkan praktik illegal tapping dilakukan dengan cara sembunyi-sembunyi dan menggunakan peralatan ala kadarnya.

"Jika tapping tidak dilakukan dengan benar, bisa terjadi gesekan pipa mengakibatkan minyak mentah terbakar," ucap Rahmad

Dengan gesekan saja, lanjutnya, bisa saja illegal tapping dapat mengakibatkan kebakaran.

Bukan hanya itu dampak dari illegal tapping juga bisa mencemari lingkungan, tanah dan sumber air.

"Minyak juga bisa mencemari lingkungan, tanah dan sumber air, akibatnya bahaya," tuturnya.**