Ribuan Pengunjung Banjiri Bazar Ala Pinhome, Ini Tipsnya

Ribuan Pengunjung Banjiri Bazar Ala Pinhome, Ini Tipsnya

Tips  - Sebagai pemilik bisnis, tentunya strategi pemasaran adalah salah satu kunci dari keberhasilan menjalankan bisnis dengan mengikuti berbagai macam event seperti bazar.

Berikut beberapa tips sukses yang dapat diaplikasikan supaya booth diminati pengunjung. Tips-tips tersebut berdasarkan pengalaman City Business Development & Marketing Manager Pinhome, Luqman Praditio.

Langkah pertama, pemilihan Event dalam menentukan kesuksesan booth di bazar adalah dengan memilah dengan baik event yang sesuai dengan bisnis yang dijalani. Ada beberapa pilihan jenis event yang bisa ditemukan seperti food festival, ulang tahun kota atau kabupaten, festival musik, fashion fair, housing fair, dan masih banyak lagi.

Pilihlah tema event yang sesuai dengan bisnis yang dimiliki supaya menyesuaikan jenis pengunjung yang akan datang ke acara tersebut. Hal penting lainnya adalah dengan memilih event ternama yang diproyeksikan atau diprediksi akan mendatangkan banyak pengunjung.

Kedua lokasi menentukan banyaknya pengunjung Booth, pada umumnya penyelenggara event akan menyediakan pilihan booth untuk teman yang ikut serta pada event-nya.

Pilihlah booth yang strategis dan mudah dijangkau oleh pengunjung. Salah satu contoh lokasi booth yang strategis adalah dekat dengan pintu masuk, tidak berada di jalur yang sempit, dan dekat dengan panggung utama. Pastikan pengunjung bisa melihat booth dari awal tiba di lokasi.

Hindari memilih booth yang berada di ujung atau dekat pintu keluar untuk mengantisipasi pengunjung yang sudah jenuh dan ingin segera meninggalkan lokasi acara.

Kemudian ketiga Desain Booth Unik, desain booth bisnis akan sangat menentukan apakah pengunjung tertarik atau tidak untuk mampir. Desain booth bisnis semenarik mungkin supaya menarik perhatian pengunjung. 

Namun, yang lebih penting daripada sekadar terlihat mencolok adalah tampil sesuai jati diri brand perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, segala hal yang berkaitan dengan desain dan tampilan stand diatur dan dibuat sedemikian rupa agar tetap selaras dan serasi sesuai identitas dari brand perusahaan. Mulai dari warna, logo, font tulisan, hingga berbagai ornamen lainnya.

Tak kalah penting dalah umber Daya Manusia yang Ramah dan Komunikatif, huna mengajak serta menyambut pengunjung yang datang, persiapkan sumber daya manusia yang mumpuni sebagai representatif bisnis yang dijalankan.

Pemilik brand dapat memilih untuk menggunakan jasa sales promotion girl/guy (SPG) untuk membantu meningkatkan engagement bisnis dengan pengunjung. Pastikan mereka paham betul nilai bisnis yang dipromosikan untuk disampaikan ke pengunjung booth.

Untuk menambah daya tarik SPG, pemilik bisnis dapat mempersiapkan seragam yang unik supaya mudah dikenali dan menambah keseruan acara.

Kemudian berikan promosi menarik khusus pengunjung seperti yang dilakukan pinhome, dimana dalam pemberian program promosi bagi pengunjung akan meningkatkan ketertarikan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis.

Contoh mudah untuk menarik pengunjung yang telah dilakukan oleh Pinhome adalah dengan memberikan layanan free express massage dan kudapan gratis khusus pengunjung yang mengunduh Aplikasi Pinhome.

Kiat ini efektif untuk mengajak pengunjung di event Trademark yang telah diadakan di Kota Bandung pada tanggal 7-10 Juli 2022 untuk datang ke booth Pinhome. Dilansir pada saat event berlangsung, salah satu pengunjung Dewi menyampaikan aspirasinya.

"Baru tahu ada layanan bebersih dan pijat kaya gini, sangat membantu aku sebagai ibu rumah tangga yang sibuk ya. Sukses terus untuk Pinhome," ujar Dewi.

Selain itu, bentuk promosi lain yang dapat diberikan adalah berupa kode voucher khusus untuk pengunjung booth guna mengajak pengunjung untuk mencoba produk atau layanan yang tersedia. Contohnya, Pinhome memberikan kode voucher seperti PHSTDMARK saat booth activation di acara Trademark.**