Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus Kamu Tahu

Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus Kamu Tahu

Tekno - Komunikasi di era globalisasi saat ini adalah suatu hal yang mudah dijangkau. Orang-orang dapat dengan mudah menelepon atau sekedar memberikan pesan teks singkat ke banyak orang. Semua ini juga semakin dimudahkan dengan adanya berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk komunikasi sehari-hari. Aplikasi tersebut juga memiliki banyak fitur canggih yang bisa kita manfaatkan sebaik mungkin.

Salah satu aplikasi pengirim pesan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia adalah Whatsapp. Aplikasi hijau yang satu ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga memudahkan semua kalangan. Melalui aplikasi ini, kamu juga dapat mengirimkan dokumen atau foto penting tanpa mengurangi kualitasnya, hanya bermodalkan ponsel dan jaringan internet.

Setiap aplikasi komunikasi saat ini sedang berlomba-lomba untuk memperbarui agar semakin canggih dan memudahkan penggunanya, tak terkecuali Whatsapp. Jika kamu adalah salah satu penggunanya, kamu pasti tahu, kan, jika Whatsapp saat ini memiliki beberapa fitur baru? Berikut ini akan kami ulas mengenai fitur terbarunya.

1. Buat Pesan Menghilang

 

Bagi beberapa orang, ada pesan-pesan yang bersifat rahasia dan ingin dihapus secara permanen. Akan tetapi, orang biasanya mudah lupa sehingga pesan-pesan tersebut masih berada di ruang percakapan. Tidak perlu khawatir karena WhatsApp memiliki fitur canggih yang akan membuat pesanmu menghilang dalam beberapa hari secara otomatis.

Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan menyalakan fitur Disappearing Messages dengan mengetuk nama kontak atau obrolan di bagian atas layar. Pilih pesan menghilang dari daftar opsi, lalu ketuk aktif. Perlu diingat bahwa foto yang dikirimkan pada pesan ini, jika sudah diunduh oleh penerima, akan secara otomatis tersimpan di ponsel.

2. Star Message

 

WhatsApp adalah salah satu tempat untuk membagikan berbagai macam informasi. Beberapa di antaranya adalah pesan yang penting, seperti alamat rumah, email, dan dokumen penting. Hal ini pasti akan sangat membingungkan jika kita harus mencari pesan-pesan tersebut di dalam kotak percakapan. Masalah itu sudah tidak perlu kamu pusingkan lagi karena saat ini WhatsApp memiliki fitur Star Message yang bisa kamu manfaatkan.

Dengan fitur ini, kamu bisa menandai pesan dan dengan mudah menemukannya kembali. Kamu cukup tekan lama pesan yang ingin di beri bintang, lalu ketuk ikon Bintang. Ikon berbentuk bintang kecil akan ditempatkan di sebelah pesan sehingga kamu dapat dengan mudah mengidentifikasinya saat mencari percakapan.

3. Arsip

 

Pesan-pesan yang biasanya mengganggu atau sedang tidak ingin kita lihat terkadang ingin disembunyikan. Hal itu bukan berarti kita akan menghapus pesan tersebut, tetapi akan membukanya di waktu yang tepat. WhatsApp memiliki fitur yang menyanggupi keinginanmu itu, yaitu arsip. Arsip juga bisa kamu gunakan jika ada pesan yang ingin kamu sembunyikan dari daftar percakapan pribadi.

Pada awalnya, fitur ini akan menyembunyikan pesanmu ke tempat terbawah di percakapan. Namun, WhatsApp telah mengubahnya dan menjadikan fitur arsip di tempat teratas percakapan. Hal itu guna memudahkanmu untuk menemukan pesan-pesan yang sebelumnya disembunyikan sehingga tidak akan memakan waktu saat mencarinya.

4. Mute

 

Fungsi mute atau senyap adalah hal yang paling berguna dalam aplikasi pesan. Fitur ini biasanya digunakan untuk menghindari kita dari pesan-pesan grup yang menumpuk dan tidak terbaca yang muncul pada notifikasi. Fitur ini juga sangat membantu kita saat sedang melakukan presentasi sehingga tidak akan muncul pada layar.

Pengguna HP Android dapat menekan lama pada obrolan, lalu mengetuk ikon speaker yang dicoret di bagian atas layar. Sementara bagi pengguna iPhone dapat menggesek ke kiri di percakapan, lalu ketuk tombol tiga titik diikuti oleh Bungkam. Kamu dapat membisukan percakapan selama 8 jam, satu minggu atau setiap saat. Mudah, bukan?

5. Nonaktifkan Centang Biru

 

Selangkah lebih maju, kamu dapat menonaktifkan tanda terima telah dibaca di WhatsApp. Ini akan mencegah sesama pengguna mengetahui kamu telah membaca pesan. Ada beberapa waktu di mana kita tidak sedang ingin membaca pesan sehingga fitur ini akan sangat membantu untuk mengetahui pesan tanpa terlihat membacanya.

Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan cara membuka Pengaturan, pilih Akun, setelah itu klik Privasi dan hapus centang pada kotak atau geser sakelar di sebelah Tanda Terima Baca ke posisi Mati. Perlu diperhatikan bahwa tanda centang biru yang sudah dimatikan tidak berlaku untuk pesan di dalam grup sehingga orang-orang di dalam grup tahu bahwa kamu sudah membaca pesan grup.

6. WhatsApp di Komputer

 

Untuk memudahkan pekerjaan sekolah maupun kantor, WhatsApp memberikan layanan agar aplikasi dapat tersambung ke komputer. Semua percakapan pribadi dapat dilihat di dalam komputer tanpa harus khawatir ada yang terhapus. Ini bisa kamu manfaatkan untuk mengunduh dokumen atau foto-foto dan memindahkannya ke komputer. Berguna sekali, ya!

Menggunakan WhatsApp sangat memudahkan kita untuk melakukan panggilan telepon dan bertukar pesan dengan keluarga atau teman. Adanya fitur-fitur di atas tentu akan membuat kegiatan berkomunikasi kita menjadi lebih mudah. Semoga bermanfaat!.**