JNE Hadirkan JNE Ngajak Online 2022 Kota Pekanbaru Guna Dukung UMKM Pekanbaru Tingkatkan Skala Bisnis

JNE Hadirkan JNE Ngajak Online 2022 Kota Pekanbaru Guna Dukung UMKM Pekanbaru Tingkatkan Skala Bisnis

Pekanbaru - Lompatan besar UMKM ke kanal digital di era post normal terus meningkat. Berdasarkan data Kemenkop UKM RI, 19 juta UMKM telah memasuki ekosistem digital. Untuk mencapai target pemerintah 30 juta UMKM onboarding digital pada 2024, JNE kembali menghadirkan JNE Ngajak Online 2022 - Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Pekanbaru.

Branch Manager JNE Pekanbaru yang kerap disapa Mandra, membuka helat ini dengan menyatakan “Melalui acara ini, kami ingin mengajak UMKM kolaborasi agar bersama mampu menghidupkan perekonomian Indonesia”, ujarnya pada Senin, 27 Juni 2022.

Saat ini JNE memiliki banyak jaringan di Riau termasuk 100 agen dan lebih dari 19 cabang dan kantor perwakilan “Melalui seluruh cabang yang tersebar, kami siap mengantar paket ke seluruh Riau sesuai dengan tagline JNE, Connecting Happiness”., tambah Mandra.

Dari pelaku UMKM, turut hadir Indiana Sunita selaku Owner Emak CW dan Utari Ferniadi selaku Owner Jingga Oleh Oleh yang membagikan kiat-kiat sukses bangkit di era pandemi.

Berdiri sejak 2019, Jingga Oleh Oleh berfokus pada penjualan oleh-oleh khas Riau dan makanan beku. Meski masih tergolong muda, Utari Ferniadi telah mengalami sepak terjang dalam bisnisnya, termasuk kehilangan omzet hingga 80% saat pandemi. Hal ini yang melatarbelakangi Tari untuk berinovasi melalui kanal digital.

“Saat itu kami mulai menjual oleh-oleh, makanan frozen food, snack, dan bahkan souvenir. Strategi kami adalah menambah variasi produk. Untuk memperkenalkan produk tersebut, kami aktif menggunakan media sosial”, ujar Tari.

Penurunan omzet saat pandemi juga dialami oleh ​​ Indiana Sunita selaku  Owner Emak CW. “Ini memerlukan pemanfaatan media sosial yang lebih baik. Kami mulai masuk ke marketplace, TikTok, dan instagram. Media sosial banyak berkontribusi membantu Emak CW mengingat posisi kami yang tidak berada di lokasi strategis.”

Bagi Tari dan Indi, pemanfaatan media sosial di era ini memerankan peran penting bagi kelangsungan bisnis. “75% hasil penjualan kami dari media sosial, sementara 25% dari toko offline.”, pungkas Indi

Mendukung kegiatan UMKM di kanal digital, Mandra selaku Branch Manager JNE Pekanbaru menambahkan “Untuk mendukung kegiatan UMKM, kami kerap mengadakan seminar gratis. Selain itu, kami memberikan layanan gratis jemput yang menjangkau semua wilayah Pekanbaru. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan e-fulfillment atau pergudangan”, tambah Mandra. 

Hal menarik lain bagi UMKM adalah hadirnya Roket Indonesia yang saat ini banyak digemari pegiat UMKM di berbagai kota untuk pengantaran instan. Tak hanya gesit, aplikasi ini juga membolehkan penggunanya mengantar paket ke beberapa tempat dalam satu pesanan.

Aplikasi ini telah mencapai lebih dari 34.000 transaksi setiap bulannya yang 68% diantaranya merupakan pengantaran makanan.  Luthfi Safitri Zein selaku Head of Roket Indonesia menyatakan “Saat ini kami membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak. Kami pernah bekerjasama dengan Kopi Kenangan, Benings, dan sudah memasuki aplikasi seperti Superkios.”

Pekanbaru merupakan kota ke-22 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Pekanbaru, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota  Madiun pada 28 Juni 2022.**