PUD Pasar Kelola 52 Pasar, PAD Di Duga Bocor, Wakil Rakyat Minta Walikota Medan Evaluasi Dirut

PUD Pasar Kelola 52 Pasar, PAD Di Duga Bocor, Wakil Rakyat Minta Walikota Medan Evaluasi Dirut

Photo : PD Pasar Kota Medan di Pasar Petisah Kota Medan

Medan - Walikota Medan Bobby Nasution dan Ketua TPK Kota Medan menghadiri HUT ke 29 PUD Pasar sekaligus meluncurkan logo terbaru PUD Pasar di gedung Dharma Wanita Pemko Medan Selasa (14/6/22).

Logo terbaru PUD Pasar bertuliskan Pasar Medan Professional-Unity-Development.

PUD PD Pasar Kota Medan saat ini mengelola 52 Pasar,
dari 52 pasar Pemko Medan tersebut lebih kurang 22000 pedagang belum temasuk pedagang yangg berjualan dipasar yg bukan milik Pemko Medan, tapi sayangnya hanya mampu mendapatkan 1 Milyar untuk Pendapatan Asli Daerah Kota Medan.

"Saya merasa prihatin mendengar PAD dari PUD Pasar Kota Medan di tahun 2021 lalu hanya sekitar Rp 1 Miliar lebih. Kuat dugaan terjadi kebocoran PAD di PUD Pasar," sebut Bayek sapaan akrab Mulia Asri Rambe (foto) yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Medan 

Disampaikan Bayek, melihat potensi PAD di 52 Pasar milik Pemko Medan, sangat memungkinkan untuk mendongkrak PAD dari PUD Pasar hingga mencapai Rp 30 Miliar lebih per tahun. 

Menurut Bayek, potensi itu dari pajak parkir dan pajak kios. "Belum lagi dari kutipan retribusi sampah dan kutipan lainnya dari pedagang," tandas Bayek.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Medan Mulia Asri Rambe juga mengatakan bahwa dirinya minta komitmen jajaran Direksi Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan mampu mendongkrak PAD yang siknifikan ke depannya.

Direksi dituntut mampu berinovasi mengikuti gerak cepat kinerja Walikota Medan Boby Afif Nasution untuk membangun kota Medan.

Untuk itu, Dirut PUD Pasar agar dapat mendukung program Walikota Medan percepatan pembangunan di Kota Medan. "Apalagi kondisi pasar yang selama ini terkesan kumuh dapat diperbaiki lebih baik," kata Bayek.

Menurut Bayek, dalam upaya memaksimalkan PAD diharapkan Dirut PUD Pasar harus mampu memberdayakan potensi SDM di jajaran PUD Pasar. Sehingga, segala potensi yang ada di pasar supaya diberdayakan. 

Ke depan tambah Bayek, PUD Pasar Kota Medan diharapkan mampu memberikan kontribusi PAD lebih besar ke Pemko Medan.

"Dirut PUD Pasar orang yang paling bertanggung jawab, oleh karenanya jika memang tidak memiliki kemampuan dalam hal pengelola'an guna untuk mendongkrak PAD  kita sepakat agar Pak Walikota agar mengevaluasi jabatannya" pintanya

Fernando Napitupulu Direktur Keuangan PD Pasar Kota Medan mengatakan bahwa itu adalah hasil laporan keuangan periode dirinya sebelum menjabat.

"Masa kerja baru 3 bulan,hasil laporan keuangan bisanya 1 tahun,
Itu belum dimasa direksi sekarang, "Direksi baru" di lantik 22/9/ 2022" ujarnya

Suwarno Dirut PD Pasar Kota Medan mengatakan di bawah kepemimpinan dirinya PUD Pasar Kota Medan tetap berkomitmen mendongkrak PAD Kota Medan.

"Kami tetap berkomitmen untuk mendongkrak PAD Kota Medan untuk itu di butuhkan kolaborasi dari kita semua untuk dapat merealisasikan dalam meningkatkan PAD" pungkasnya.**