Tujuh Bahasa Asing yang Paling Berguna untuk Menunjang Karir

Tujuh Bahasa Asing yang Paling Berguna untuk Menunjang Karir

Pendidikan - Mampu berbahasa asing dengan baik menjadi salah satu syarat penting di dunia kerja. Biasanya, perusahaan sangat menyukai calon pekerja yang mampu berbahasa asing dengan lancar. Namun bukan hanya bahasa Inggris saja, ada berbagai bahasa asing lain yang banyak dicari di dunia kerja.

Kemampuan bahasa asing ini juga bisa menambah nilai Anda di dalam CV. Sehingga, kemungkinan Anda diterima kerja akan lebih tinggi. Nah, jika Anda membutuhkan referensi membuat CV, silakan klik link tersebut.

Setiap industri tentu saja mempunyai kebutuhan yang tidak sama. Namun, tujuh bahasa asing ini banyak digunakan dan dibutuhkan di dalam pekerjaan dibanding bahasa asing lainnya. Ingin tahu apa saja bahasa asing tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

  1. Bahasa Jerman

Bagi yang punya impian untuk bekerja di benua Eropa, bahasa Jerman merupakan bahasa asing pertama harus kamu kuasai selain bahasa Inggris tentunya. Kenapa begitu?

Karena perkembangan bisnis dan ekonomi yang sangat kuat, menjadikan Jerman sebagai salah satu negara Uni Eropa terbesar untuk para pencari kerja. Tentu saja Anda sudah mendengar banyak perusahaan besar Jerman telah melebarkan bisnis sampai ke Indonesia dan global.

Diantaranya seperti perusahaan BMW, Deutsche Bank Group hingga Allianz. Berdasarkan informasi yang didapat dari Babbel, hingga sekarang bahasa Jerman telah mengantongi 130 juta penutur yang tersebar di seluruh dunia.

Dari segi pendidikan, Jerman telah menyediakan berbagai macam beasiswa perguruan tinggi yang sangat menarik untuk mahasiswa luar dan dalam negeri. Bagi yang juga ingin kuliah di luar negeri, Jerman bisa jadi tujuan negara terbaik.

    Baca Juga :
  1. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa asing yang paling sulit dipelajari oleh banyak orang. Hal tersebut karena nada dan hurufnya yang juga sangat beragam sehingga cukup menyulitkan. Padahal, bahasa ini sangat penting bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan.

Tiongkok merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang paling besar di dunia. Tidak sedikit kegiatan ekspor-impor yang dijalankan Tiongkok dengan negara lain di seluruh dunia.

Tak heran jika banyak pengusaha di Tiongkok melakukan produksi di negara lain, termasuk salah satunya Indonesia. Dengan mahir berbahasa Mandarin, kamu memiliki peluang luas untuk diterima di di banyak perusahaan. Bahkan untuk mendapatkan kenaikan jabatan yang lebih tinggi.

  1. Bahasa Jepang

Tak hanya dua bahasa asing di atas saja, bahasa Jepang juga menjadi bahasa asing yang paling banyak dicari di dunia kerja. Alasannya tak jauh beda dengan bahasa Mandarin. Mengingat Jepang adalah negara ekonomi ketiga yang paling besar di dunia.

Hal tersebut membuat industri Jepang secara internasional sangat diakui oleh masyarakat dunia. Diantaranya dalam bidang teknologi, sastra hingga otomotif. Kendati demikian, tidak sedikit orang Jepang yang kurang mahir berbahasa Inggris.

Pasalnya, masyarakat Jepang lebih bangga dengan bahasanya sendiri dibanding bahasa asing. Bagi yang tertarik bekerja di industri Jepang, pelajari bahasa Jepang dengan baik mulai sekarang.

  1. Bahasa Spanyol

Bahasa asing berikutnya yang dapat dipelajari adalah bahasa Spanyol. Hingga sekarang, sudah lebih dari 450 juta penduduk dunia fasih berbahasa Spanyol. Dilansir dari Babbel, bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi yang berlaku di 20 negara di seluruh dunia.

Tidak hanya berlaku di Eropa saja, tapi banyak bangsa Amerika Latin yang menjadikan bahasa Spanyol jadi bahasa resmi. Diantaranya dengan Paraguay dan Ekuador yang dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat.

Bahasa Spanyol memiliki beberapa ejaan yang perlu dipahami. Meski cukup sulit, dengan menguasai bahasa Spanyol membuat jenjang karir menjadi lebih baik.

  1. Bahasa Perancis

Selanjutnya, bahasa asing yang paling banyak dicari di dalam dunia kerja adalah bahasa Perancis. Bukan tanpa alasan karena sekitar 280 juta orang di seluruh dunia sudah menjadikan bahasa Perancis untuk komunikasi.

Bahasa ini menduduki peringkat kelima sebagai bahasa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Tidak sedikit lembaga internasional yang memakai bahasa Prancis jadi bahasa resmi. Diantaranya PBB, UNI Eropa, FIFA hingga Mahkamah Internasional.

  1. Bahasa Portugis

Sama halnya dengan bahasa Spanyol, bahasa Portugis banyak dipakai sebagai bahasa nasional. Sebut saja seperti Brazil yang pertumbuhan perekonomiannya sangat menjanjikan.

Hingga sekarang, bahasa Portugis telah dipakai lebih dari 260 juta penutur fasih. Tentunya angka yang cukup fantastis. Jadi, Anda yang diterima di tempat kerja impian, menguasai bahasa Portugis adalah kewajiban.

  1. Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris adalah bahasa asing yang harus Anda kuasai. Baik saat bekerja atau kuliah di luar negeri maupun dalam negeri. Hingga sekarang, sudah banyak perusahaan ternama dan berskala kecil yang mengharuskan pekerjanya bisa bahasa Inggris.

Entah itu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif atau pasif. Oleh karena itu, Anda yang ingin jenjang karirnya gemilang harus menguasai bahasa Inggris mulai sekarang. Karena semakin tinggi jabatanmu, biasanya bahasa Inggris selalu dibutuhkan saat berkomunikasi.

Itu tadi tujuh bahasa asing yang sangat penting di dunia kerja. Dengan menguasai bahasa asing tersebut, Anda bisa mendapat jabatan terbaik di perusahaan.**