Bersama Roemah Joeang Tebar Senyum Kebahagiaan

Bersama Roemah Joeang Tebar Senyum Kebahagiaan

Photo : Roemah Joeang

Pematang Siantar – Roemah Djoeang akan menggelar kegiatan di kantor Lurah Sinaksak pada Hari ; Senin (23/5/2022) dengan Thema Tebar Senyum Kebahagiaan.

Zeevanya Suci Founder Rumah Joeang, Syahira Addini Kordinator Roemah Joeang Pematang Siantar dan Sri Ayu Harahap Volunteer Roemah Joeang Pematang Siantar mengatakan bahwa Roemah Joeang memiliki Program Tebar Senyum Kebahagian yang mana para Volunteernya wajib memberikan kebahagiaan  kepada mereka yang mengalami Trauma Healing & Trauma Psikis, baik anak-anak orang dewasa anak Remaja dan lain-lain.

“Kebahagian tidak harus berupa materi, senyuman terbaik, sikap terbaik, perilaku terbaik juga adalah salah satu kebahagiaan. Ketika Volunteer Roemah Joeang itu punya kebahagiaan tersendiri maka wajib hukumnya memberikan kebahagiaan itu kepada khalayak umum, baik sesama volunteer, atau adik-adik asuh Roemah Joeang, dan siapapun mereka yang sedang dalam tekanan Psikis atau Fisik harus dapat merasakan kebahagiaan yang Roemah Joeang berikan” ungkapnya. Jum’at (20/5/2022)

Lanjut Suci menjelaskan Roemah Joeang yang juga bergerak di bidang Perempuan dan Anak, berharap kegiatan ini dapat memberikan Support Terbaik secara Psikososial terhadap mereka, terutama anak-anak yang mulai terpengaruhi sosial media, menciptakan generasi yang tidak lupa desa, seperti permainan tradisional, mampu menghargai orang yang lebih tua, menciptakan generasi yang mempunyai nilai karakter & moral yang baik

“I hope, kegiatan ini nantinya tidak kali ini saja, akan kita buat secara continue nah untuk melakukan gerakan ini, kita juga perlu SDM yang mau ikut bergabung menjadi Volunteer, dan tak hanya itu Roemah Joeang juga memerlukan beberapa Volunteer untuk beberapa program terkait perempuan dan anak” Pungkas Suci

Sri Ayu Trisna Harahap Volunteer Roemah Djoeang Siantar juga mengatakan bahwa Senyum adalah sedekah yang paling mudah. Selain bernilai ibadah, senyum juga dapat memupuk hubungan baik antar sesama manusia.
Salah satu figur penebar kebaikan dan senyuman adalah Rasulullah SAW. Beliau dikenal dengan sosok yang murah senyum, selalu ceria, dan berkata baik. Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa perkataan yang baik akan menaikkan derajat di surga.

Rasulullah SAW bersabda: "Dan yang termasuk mengangkat derajat adalah perkataan yang baik, menyebarkan salam, memberi makanan, sholat malam saat manusia dalam keadaan tidur." (HR. Ahmad dan disahihkan oleh Al-Allamah Al-Albani dalam Shahih Al-Jami')

Senyum memiliki banyak keutamaan. Salah satunya dapat membuat seseorang merasa bahagia. Dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari, diceritakan pada suatu hari ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah SAW dan bertanya, "Amalan Islam apa yang paling baik?" Beliau Rasulullah SAW menjawab: "Memberi makan (orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali." (HR. Bukhari)

Senyum yang diberikan untuk saudara juga bernilai sedekah. Dalam sebuah hadits riwayat Tirmidzi sebagaimana dijelaskan oleh Salman Ayashi dalam bukunya yang berjudul Dasyatnya Senyuman, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Senyummu untuk saudaramu adalah sedekah. Usahamu untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang keburukan adalah sedekah. Usahamu untuk menuntun seseorang yang tersesat menuju jalan yang lebih baik adalah sedekah. Memberikan yang kita miliki adalah sedekah. Menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah. Pandanganmu yang peduli kepada mereka yang buruk rupa adalah sedekah. Sedekah yang paling tinggi nilainya adalah nafkah yang diberikan suami kepada istrinya." (HR. Tirmidzi)

“Banyak sekali keutamaan tentang senyuman oleh karena itu Roemah Joeang akan selalu Tebar Senyum Kebahagian kepada kita semua” pungkasnya.**