dr Muzal Kadim; Penularan Virus Hepatitis Berasal dari Fekal Oral dan Droplet

dr Muzal Kadim; Penularan Virus Hepatitis Berasal dari Fekal Oral dan Droplet

Jakarta - Penyakit hepatitis akut menjadi kekhawatiran baru masyarakat. Penyakit misterius yang belum diketahui penyebabnya ini pada Mei, ada tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN dr Cipto Mangunkusumo Jakarta meninggal dunia diduga karena hepatitis akut misterius tersebut.

Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gatro-hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Muzal Kadim mengatakan meski belum diketahui penyebab pasti hepatitis akut misterius, dugaan awal untuk sumber penularan virus tersebut berasal dari fekal oral dan droplet.

Jelas dr Muzal Kadim, “penyebaran virus melalui fekal oral yaitu melalui saluran pencernaan yang ditularkan melalui mulut. Sementara dugaan penularan melalui droplet, merujuk pada Adenovirus”.

"Sampai saat ini masih belum tahu penyebab pastinya... Adenovirus sealam ini adalah virus penyebab diare, sampai sekarang kasus (hepatitis misterius) yang ditemukan di Inggris Raya, Amerika itu ada Adenovirus," kata dr Muzal dalam siaran Instagram live IDAI, Selasa (10/5/22).

"Tapi apakah (Adenovirus) ini sebagai penyebab atau sebagai co-insiden saja, masih ada faktor x yang belum diketahui."

Untuk mencegah risiko infeksi hepatitis akut misterius berdasarkan dugaan penyebaran, dr Muzal menghimbau orang tua meningkatkan kewaspadaan dan melalui tindakan pencegahan. Langkah pencegahan yang harus dilakukan seperti menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Kita harus mencegah semua penularan dari fekal oral seperti mencuci tangan, (menjaga) kebersihan makanan, air, dan jangan makan bersama atau menggunakan alat makan bersama," ujarnya.

Sementara untuk mencegah penularan melalui droplet, dihimbau untuk tetap melakukan protokol kesehatan COVID-19, seperti memakai masker dan menjaga jarak. "Karena sifatnya akut, biasanya penularannya lewat saluran cerna atau saluran nafas," terang dr Muzal.**