Kabar Riau - Nelayan di Pulau Lingga Kibarkan Merah Putih

Jelang HUT RI ke-73

Nelayan di Pulau Lingga Kibarkan Merah Putih

Samsul
Share :
nelayan-di-pulau-lingga-kibarkan-merah-putih

Kabarriau.com, Daik Lingga - Meski hari H memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 tinggal 7 hari lagi, namun bendera Merah Putih tetap berkibar di Kepulauan Daik Lingga, Provinsi Kepualauan Riau (Kepri).

Hasil amatan Kabarriau.com, merah putih tetap berkibar di pulau terpencil di Desa Pancur, Kabupaten Daik Lingga, Kepri di rumah masyarakat umum. Demikian juga kantor dinas, badan, camat, dan Bupati di Daik sudah memasang umbul-umbul, spanduk dalam rangka menyambut HUT RI ke-73 tahun 2018. Tak ketinggalan para nelayan yang hidupnya ditepi laut tiap kapal yang dimiliki memasang bendera kecil merah putih.

"Kami menyadari ini HUT negara kita, bahkan sosialisasi dan penyampaian untuk mmasang umbul-umbul merah putih juga sudah dilakukan ditengah masyarakat kita. Pemkab telah memberikan himbauan kewarga untuk mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangka menyambut HUT RI ke-73," kata Saleh (40) salah satu pengrajin kapal nelayan yang tinggal di Dabo Singkep, Daik Lingga saat dikontak ponselnya,  Jumat (10/8).

Jelang HUT RI, Nelayan Lingga Pantang Melaut

Masyarakat nelayan di Daik Lingga dipekirakan tidak akan beraktifitas pada peringatan HUT RI ke-73. Peringatan Hari Kemerdekaan RI merupakan hari pantangan melaut yang telah ditetapkan oleh masyarakat nelayan di Lingga.

Ahmad, salah satu nelayan di Lingga mengatakan, berdasarkan kesepakatan bersama bahwa pada peringatan Hari kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hari pantangan melaut bagi nelayan di Lingga. Menurutnya, kebijakan itu dikeluarkan oleh para tokoh adat di Lingga sebagai penghormatan terhadap Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Menjelang 17 Agustus tahun ini, banyak para nelayan yang sudah mulai menghentikan aktifitasnya melaut. Itu bagian kearifan lokal yang disepakati bersama oleh masyarakat nelayan sejak lama, sehingga 17 Agustus pun masuk ke dalam hari pantangan melaut," katanya.

Dia menambahkan, terdapat beberapa hari yang merupakan hari pantang melaut bagi nelayan di Lingga. Diantaranya hari lebaran Idul Fitri dan Idul Adha masing-masing tiga hari. Kemudian setiap hari Jumat, dan peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus. (kbr.hen/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :