Kabar Riau - Pekanbaru Butuh Hewan Kurban 9.914 Ekor

Pekanbaru Butuh Hewan Kurban 9.914 Ekor

Roni
Share :
pekanbaru-butuh-hewan-kurban-9914-ekor

Kabarriau.com, Pekanbaru - Kota Pekanbaru buth hewan kurban sejumlah 9.914 ekor di Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban. 

"Tahun ini kebutuhannya meningkat 5 persen jika dibandingkan dari tahun lalu yang hanya mencapai 9.556 ekor hewan kurban," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru Riyantoni pada wartawan, Rabu.

Hewan kurban jenis sapi masih menjadi yang terbanyak dibandingkan hewan kurban lainnya. Jumlah kebutuhan hewan kurban cukup mecolok dibanding hewan kurban lain. "Sapi masih yang terbanyak, diprediksi mencapai 6.000 ekor. Sementara untuk kambing kebutuhannya diprediksi mencapai 2.126 ekor, kerbau 1.783 ekor dan domba 5 ekor," sebutnya.

Dia mengatakan, kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru mengalami peningkatan 5 persen jika dibandingkan tahun 2017 dia, Rabu (8/8/2018). hampir 75 persen kebutuhan hewan kurban berasal dari luar Provinsi Riau, seperti Sumatera Barat dan Pulau Jawa. "Ada juga yang dari dalam provinsi, seperti Kampar, Kuantan Singingi dan Siak," sebutnya.

Sejauh ini, kata dia, kebutuhan hewan kurban tersebut telah terpenuhi secara keseluruhan. Sesuai data, total stok hewan kurban di Kota Pekanbaru mencapai 10.241 ekor. Ia merinci, stok untuk hewan domba ada sebanyak 48 ekor, kambing 2.188 ekor, kerbau 1.835 ekor dan sapi mencapai 6.170 ekor. Ia juga mengatakan Pemerintah Kota Pekanbaru akan mengawasi penjualan hewan kurban di Kota Pekanbaru.

"Penjualan hewan kurban di Kota Pekanbaru akan terus diawasi. Tadi laporan dari dinas terkait, hingga H-3 petugas akan melakukan pemeriksaan. Nanti semua hewan kurban yang dijual ada surat keterangan kesehatannya agar laik dikurbankan," terangnya. (kbr.jon/*)


 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :