Kabar Riau - Teknologi Informasi dan Komunikasi jadi Mata Pelajaran di Sekolah

Teknologi Informasi dan Komunikasi jadi Mata Pelajaran di Sekolah

Roni
Share :
teknologi-informasi-dan-komunikasi-jadi-mata-pelajaran-di-sekolah

Kabarriau.com, Pendidikan - Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) jadi sebagai mata pelajaran (mapel) bukan sekadar bimbingan namun bukan mapel wajib dan hanya menjadi pilihan bagi sekolah-sekolah yang siap.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan kembali menjadikan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) sebagai mata pelajaran (mapel) bukan sekadar bimbingan, kata Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim setelah berkomunikasi dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno tiga hari yang lalu.

Menurut Ramli, Nantinya nama mata pelajarannya TIK pun akan berubah menjadi Informatika. "Tiga hari yang lalu saya kontekan dengan Kepala Balitbang Kemdikbud (Totok Suprayitno) dan beliau bilang kajian tentang Mapel Informatika telah rampung, tapi memang ini belum secara resmi diumumkan oleh Kemendikbud," kata Ramli dimuat Republika.co.id, Ahad (5/8).

Informasinya dari Kepala Balitbang Kemendikbud, nantinya materi yang akan diajarkan dari mapel Informatika akan lebih berat dari mapel TIK sebelumnya yang lebih teoritis dan mudah. Mapel Informatika akan mempelajari Computational Thinking dengan materi STEM Computer Science or Coding Computer Programming.

"Mapel TIK di masa lalu memang tak cukup untuk menjadi mapel karena materinya adalah materi-materi yang terlalu mudah dan dangkal. Dengan computational thinking, mapel Informatika akan jadi lebih keren buat siswa," ungkap Ramli.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :