Kabar Riau - Siswa SMPN 21 Mengaji Sebelum Belajar

Siswa SMPN 21 Mengaji Sebelum Belajar

Roni
Share :
siswa-smpn-21-mengaji-sebelum-belajar

Kabarriau.com, Pekanbaru - Banyak sekolah di Pekanbaru memberlakukan kegiatan-kegiatan sebelum memulai aktivitas belajar dan mengajar seperti di SMPN 21 yang memberlakukan kegiatan mengaji atau membaca Al-Quran sebelum dimulainya belajar mengajar, ini dilakukan tiga kali dalam seminggu. 

"Siswa mengaji terlebih dahulu sebelum belajar membaca al-Quran setiap Selasa, Rabu dan Kamis. Kegiatan mengaji agar siswa bisa mengaji. Sementara mengaji adalah penanaman karakter dan benteng siswa agar terhindar dari perbuatan tercela," kata Asmar MPd, Kepala SMPN 21 dikontak ponselnya belum lama ini.

Sekolah memang aktif memberlakukan kegiatan keagamaan. Selama ini kegiatan mengaji hanya dilakukan hari Jumat saja. "Sekarang kita terapkan mengaji sebelum belajar," ujarnya.

Dirinya menghimbau guru agama, untuk membuat kegiatan yang dapat membantu siswa dalam belajar membaca Al-Quran. Kegiatan mengaji ini dinamakan program jam 0. Karena dilaksanakan sebelum siswa memulai kegiatan belajar. "Siswa mengaji dari pukul 7.00 sampai 7.10,” terang Asmar.

Untuk mendukung kegiatan siswa ini, sekolah menyediakan Al-Quran di sekolah. Sehingga siswa tidak repot membawa Al-Quran dari rumah atau harus berebutan dengan siswa lain. "Setiap siswa dipinjamkan satu Al-Quran, biar efektif belajar mengajinya," jelasnya.

Dia menilai, kegiatan ini sangat positif dan dapat menambah nilai keagamaan siswa. Serta membentuk akhlak yang baik bagi siswa itu sendiri. Asmar menargetkan, siswa akan khatam dalam enam bulan. Kemudian, akan dilanjutkan dengan belajar mengaji menggunakan irama.

Dia menjelaskan, kegiatan ini tidak dinilai dalam buku rapor. Karena sekolah ingin mengajarkan ke siswa mengenai nilai ikhlas. "Alhamdullah respon siswa sangat baik. Semoga kegiatan seperti ini terus berlangsung," tutupnya. (kbr.sul/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :