Kabar Riau - Polda Riau Tangkap 3 Ton Kayu Ilegal

Polda Riau Tangkap 3 Ton Kayu Ilegal

Roni
Share :
polda-riau-tangkap-3-ton-kayu-ilegal

Kabarriau.com, Meranti - Direktur Polisi Air, Polda Riau amankan sebanyak 3 ton kayu olahan jenis Meranti yang dibawa pelaku menggunakan kapal pompong tanpa nama, Jumat (27/7/2018) dinihari.

"Kayu-kayu ini tanpa dilengkapi surat-surat yang syah, seorang pelaku bernama Darwis (40). kita amankan yang membawa kayu kurang lebih 3 ton," kata Direktur Polisi Air Polda Riau, Kombes Pol Herry Wiyanto kepada wartawan, Senin (30/7/2018) siang.

Stelah kita mendapatkan informasi dari sumber ke Subdit Gakkum, sebuah kapal pompong dari Perairan Sungai Suir Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (26/7/2018) malam, masuk menarik kayu olahan ilegal.

Kapal pompong yang diketahui dinahkodai Darwis dibuntuti oleh kapal polisi bernomor lambung IV 1002 hingga ke wilayah Perairan Selat Air Hitam, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti. "Saat ditangkap, kapal berisikan kayu sekitar 3 ton olahan jenis Meranti. Pelaku juga tidak dapat menunjukkan surat-surat dokumen yang sah. Kayanya, kayu ini akan dibawa ke Selat Panjang," tutur Herry.

Pelaku sementara disangkakan dengan dugaan pidana Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf e UU RI No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

"Pelaku sudah kita amankan di Rutan Polda Riau untuk penyidikan lebih lanjut. SPDP nya juga telah kita kirim ke Kejati, untuk jumlah pasti kayunya berapa, menunggu saksi ahli yang mengukur," pungkas Herry. (kbr.ron/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :