Kabar Riau - Samantha Edithso, Atlet Catur Indonesia Juara Dunia

Samantha Edithso, Atlet Catur Indonesia Juara Dunia

Samsul
Share :
samantha-edithso-atlet-catur-indonesia-juara-dunia

Kabarriau.com, Olahraga - Samantha Edithso, pecatur berusia 10 tahun asal Bandung, Jawa Barat mewakili Indonesia mendapatkan juara satu di Kejuaraan Dunia Catur FIDE World Championship U-10 2018 di Kota Minks, Belarusia. . 

FIDE World Championship U-10 2018 berakhir pada 23 Juni 2018 lalu. Di sana, Samantha keluar sebagai juara setelah mengumpulkan 8,5 poin. Total laga yang harus dilewati Samantha adalah sembilan pertandingan.

Samantha berhasil memenangkan delapan dari total sembilan pertandingan. Samantha hanya memetik satu hasil remis saat melawan pecatur cilik Uzbekistan Afruza Khamdamova. Afruza merupakan atlet catur yang menyandang gelar FIDE World School Chess Championship 2017.

Sebelum memastikan gelar juara dunia ini, lawan di pertandingan terakhir yang dihadapi Samantha adalah pecatur Rusia, Yana Zhapova. "Samantha meraih gelar juara dunia FIDE World Championship U-10 2018," begitu keterangan tertulis dimuat Republika.co.id, Rabu (18/7).

Samantha pun berhasil mengibarkan bendera merah putih di pentas internasional di Eropa. Saat penyerahan piala, Samantha diselimuti dengan bendera merah putih oleh timnya. Kemudian, ia berjalan menuju pentas dan menerima trofi kejuaraan dunia.

Sebenarnya, bukan kali ini saja Samantha memenangkan catur internasional. Pada Agustus 2017 lalu, di saat usianya masih sembilan tahun, Samantha juga meraih medali emas di Kejuaraan Catur Antar Pelajar Asia. Saat itu, yang menjadi tuan rumah adalah Kota Panjin, Cina.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :