Kabar Riau - Artis Shah Rukh Khan Terima Gelar Doktor Honoris Causa

Artis Shah Rukh Khan Terima Gelar Doktor Honoris Causa

Samsul
Share :
artis-shah-rukh-khan-terima-gelar-doktor-honoris-causa

Kabarriau.com, Entertaunment - Artis peran kenamaan Bollywood Shah Rukh Khan baru-baru ini mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Edinburgh atas kegigihan dan usaha kerasnya dalam kegiatan amal, altruisme, dan kemanusiaan, serta pencapaiannya sebagai seorang artis peran.

Kegiatan amal juga dilakukan Khan meliputi menyediakan tenaga solar kepada para penduduk desa di India, membangun sebuah panti anak di sebuah rumah sakit di Mumbai dan juga mendukung kegiatan amal untuk membantu daerah-daerah yang terkena dampak tsunami. "Merupakan sebuah kebahagiaan bagi saya diberi suatu kehormatan oleh University of Edinburgh dan menapaki jejak dari banyak pemikir. Pemimpin, dan orang-orang terkenal dari seluruh dunia. Mendapatkan kesempatan untuk berpidato di salah satu institusi pendidikan paling terhormat di dunia ini adalah sebuah momen yang spesial," kata Khan usai menerima gelar itu.

"Saya menanti Universitas ini untuk melanjutkan perjalanan sebagai sebuah Universitas besar, ditunjukkan melalui hubungannya dengan India, kepeduliaan akan kesehatan, akademik, dan keunggulan penelitian serta keadilan soaial. Saya berharap lebih banyak orang dari India maupun dari Asia Selatan dengan pemikiran yang brilian bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dan berkembang di Edinburgh." Shah Rukh Khan juga mendapatkan kesempatan unutk memberi kuliah publik yang dihadiri oleh para mahasiswa yang berasal dari Asia Selatan.

Ia banyak berbicara tentang pelajaran hidup dan juga bercerita tentang pelajaran paling besar yang ia dapatkan dalam hidupnya. "University of Edinburgh memiliki hubungan yang kuat dengan India dan saya sangat senang bahwa kami dapat memberikan apresiasi atas kerja amal dan karir dari salah satu bintang luar biasa dari dunia film," tutur Wakil Kepala Senior University of Edinburgh Profesor Charlie Jeffrey.

"Merupakan sebuah kehormatan untuk menganugerahi Shah Rukh Khan dengan salah satu penghormatan tertinggi, gelar doctor dari Universitas," imbuhnya. Gelar Doktor ini adalah gelar Doktor kedua yang diterima oleh bintang film Kuch Kuch Hota Hai tersebut setelah sebelumnya mendapatkan gelar dalam seni dan budaya dari University of Bedforshire. Sebelumnya, pada 2005, Khan juga telah dianugerahi Padma Shri, salah satu penghargaan tertinggi masyarakat India atas perjalanan karir di dunia seni peran sekitar dua setengah dekade dan telah bermain dalam lebih dari 80 film Bollywood. 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :