Kabar Riau - Wisatawan Bergejubel di Ritual Bakar Tongkang

Wisatawan Bergejubel di Ritual Bakar Tongkang

Roni
Share :
wisatawan-bergejubel-di-ritual-bakar-tongkang

Kabarriau.com, Rokan Hilir - Iven nasional perayaan Ritual Bakar Tongkang (RBT) tahun 2018 di Rokan Hilir (Rohil) dimulai, wisatawan lokal maupun manca negara bergejubel.  

Tingkat kunjungan wisatawan pada iven nasional baik lokal maupun luar negeri dalam perayaan Ritual Bakar Tongkang (RBT) tahun 2018 diperkirakan lebih kurang 70 ribu pengunjung. Ritual ini kembali mencatat sejarah sebagai peringkat ke 10 wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Wakil Bupati (Wabup) Rohil, Drs H Jamiluddin mengatakan, Ritual Bakar Tongkang masuk di kalender nasional sebagai salah satu wisata yang terdapat di Provinsi Riau. Iven budaya warisan leluhur masyarakat Tionghoa ini mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan setiap tahunnya ke Negeri Seribu Kubah.

Wisata Bakar Tongkang atau dikenal dengan perayaan ulang tahun Dewi Ki Hu Ong Ya ini tujuannya adalah untuk menentukan arah rezeki bagi masyarakat Tionghoa. Di sisi lain, pembakaran tongkang ini juga bertujuan supaya kapal yang dibuat itu tidak bisa membawa pulang warga Tionghoa ke kampung asalnya.

"Iven Bakar Tongkang ini sudah mendunia, dan ini merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh Pemkab Rohil. Ritual ini setiap tahunnya membuat Kota Bagansiapiapi menjadi lautan manusia, " kata Jamiluddin.

Pelaksanaan RBT ini setiap tahunnya terlaksana berkat kekompakan etnis Tionghoa dan Pemkab Rohil serta campur tangan dari pengusaha asal Rohil, Sugianto alias Raja Baut. "Semuanya ini tentunya telah kita persiapkan sejak lama, sehingga bisa berjalan sukses acara seperti apa yang kita lihat sekarang, " katanya.

Tepat Pukul 15.30 Wib Bupati Rohil, H Suyatno Amp didampingi Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin, Kadispora Riau Fahmizal, Anggota DPRD Riau Siswaja Muldjadi, Sejumlah anggota DPRD Rohil, Sugianto alias raja Baut,  Kapolda Riau Irjen Pol Nandang MH dan pejabat penting lainnya menaiki replika kapal tongkang dengan menyapa puluhan Ribu wisatawan yang ada di lokasi pembakaran dengan memegangi Dupa sambil bersorak-sorak.

Lebih kurang sekitar 20 menit replika tongkang itupun habis terbakar. Dimana detik-detik yang ditunggu-tunggu oleh masyrakat Tionghoa pun tiba. Kedua tiang tongkang itupun jatuh berlainan arah, dimana tiang tongkang yang besar jatuh ke darat dan tiang tongkang yang kecil jatuh ke rah kelaut. Dan ini merupakan suatu pertanda kalau rezeki tahun ini lebih banyak ke darat. 

Bakar Tongkang Untungkan Daerah

Event Bakar Tongkang kalender Nasional cukup baik memberikan  sumbangsih Pendapatan Domestik Bruto (PDB) untuk ekonomi daerah. "Tahun 2017 lalu, yang datang sebanyak 52.000 wisatawan, itu jumlah yang tidak sedikit. Dari jumlah tersebut, 2000 nya wisatawan asing, ini pergerakan wisatawan nusantara. Hasil Survei pack wesel akses, US 704 setiap wisatawan belanja, di kali kurt 13.400, itu uang sudah beredar hampir Rp200 miliar lebih tahun kemarin," kata Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal ST Msi, saat  menghadiri Bakar Tongkang fashion karnaval akhir pekan kemarin, di Bagansiapiapi.

Event Bakar Tongkang memberikan dampak dorongan yang kuat terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. "Kita harapan tingkat kunjungan semakin baik, baik itu stake holder pemerintah maupun stake holder dunia usaha," harapnya.

Ia juga sangat mengharapkan Pemkab Rohil terus meningkatkan emunitas pelayanan dasar, air bersih, sempurnakan segala sesuatunya, sehingga wisatawan yang datang akan memberikan dorongan dunia kreatif bagi masyarakat daerah. "Sekarang ini eranya digital, sudah langsung mendunia beritanya pola-pola ini, kami lakukan hubungan dengan genpi Riau program nasional Pariwisata sampai dikenal ke tingkat dunia", ungkapnya.

Pihak imigrasi pintu masuk mereka, tidak langsung chek point pasport, wisatawan tidak hanya masuk lewat Riau, kadang-kadang, masuk lewat Batam menuju Pekanbaru, naik ferry lewat Dumai, Bagansiapiapi, atau mereka datang masuk chek point di Jakarta melalui lokal turis.

"Pihak imigrasi dan pihak Bea cukai terus melakukan rekapitulasi perhitungan, laporan saling sharing atau closing, habis acara dilakukan rekapitulasi sementara," pungkasnya. (kbr.ron/tris/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :