Kabar Riau - Tradisi Silat Pendekar Batuah Dipertahankan

Tradisi Silat Pendekar Batuah Dipertahankan

Roni
Share :
tradisi-silat-pendekar-batuah-dipertahankan

Kabarriau.com, Kuantan Singingi - Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH menghadiri Rayo Onam di Desa Pulau Komang, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuansing, Riau

"Saya berharap pegelaran seni dan budaya Silat Pendekar Batuah Sentajo harus tetap dipertahankan," kata Andi Putra saat menghadiri seni budaya, Sabtu (23/6/2018) yang dihadiri Camat. Sentajo Raya, para Kades, perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat, guru silat, pesilat serta masyarakat yang memadati lokasi acara. 

Seni budaya silat, kata Andi sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan sampai saat ini masih tetap dipertahankan, meskipun seiring kemajuan zaman jumlahnya semakin berkurang. "Silat ini sudah ada bukan puluhan tahun lagi, tapi sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kami minta dan mohon kepada guru mari kita perkuat kembali, kita lestarikan, kalau bisa jumlah sosoran atau laman silat ini bertambah yang dulunya dua sekarang menjadi satu," katanya. 

Andi Putra juga mengapresiasi masyarakat desa Pulau Komang Sentajo yang sudah melaksanakan kegiatan ini dengan sangat meriah dan diikuti puluhan pesilat dari berbagai umur.  "Insya Allah kami mencoba kegiatan silat ini masuk dalam APBD Kuansing, sehingga tradisi dan budaya silat yang sudah ada terus bertahan sampai ke anak cucu kita," katanya. (kbr.ron/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :