Kabar Riau - Mengisi Libur Lebaran Bisa Lakukan Ini

Mengisi Libur Lebaran Bisa Lakukan Ini

Roni
Share :
mengisi-libur-lebaran-bisa-lakukan-ini

Kabarriau.com, Tips - Libur Lebaran tahun 2018 ini cukup banyak, daripada bingung mau ke mana bisa memilih untuk melakukan 4 kegiatan seru ini. Dijamin libur Lebaranmya cukup menyenangkan.

1. Hiking
Tempat wisata pasti akan penuh dengan banyak keluarga dan anak-anak kecil. Coba pilih untuk hiking ke area wisata gunung terdekat, yang pasti belum banyak dipikirkan oleh orang lain. Liburan sambil olahraga itu sehat banget, lho!

2. Kemping
Keluarkan tenda Anda dan pergilah ke area perkemahan bersama keluarga. Habiskan waktu di sana sambil bercengkerama menikmati waktu yang berkualitas. Kalau tidak mau repot, gelar saja tenda Anda di halaman rumah dan ciptakan suasana layaknya kemping di tengah hutan. Seru!

3. Foto-foto
Mumpung ada banyak keluarga yang datang menginap, coba perbanyak koleksi foto keluarga Anda. Foto-fotonya bisa dilakukan di rumah dengan gaya natural atau di studio supaya hasilnya semakin maksimal.

4. Pesta es krim
Percaya, deh, liburan lebaran nanti kondisi cuaca pasti akan cukup panas dan menguras keringat. Habiskan saja waktu di rumah dan beli satu ember es krim untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Jika tak mudik, Bisa Mengisi Kegiatan Ini

Lebaran lekat dengan tradisi mudik. Merayakan lebaran di kampung halaman akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan sanak kerabat yang lain. Bagi anak, tentunya akan lebih menyenangkan jika bisa bertemu dan bermain dengan saudara-saudara sepupunya yang sebaya. Tapi, apakah kegembiraan hari kemenangan akan hilang jika suatu saat kita tidak bisa mudik?

Lebaran tidak harus mudik ke kampung halaman. Lebaran juga bisa diisi dengan berbagai kegiatan di rumah. Jika tahun ini dengan keluarga mungkin tidak bisa mudik, persiapkan kegiatan untuk anak-anak agar mereka tetap bisa merasakan kemeriahan Lebaran. Jika anak-anak kecewa karena tidak pergi ke rumah nenek-kakek pada Lebaran kali ini, itu adalah hal yang wajar.

Berilah penjelasan kepada mereka agar mereka memaklumi bahwa untuk tahun ini, mereka harus merayakan Lebaran di rumah. Beri pengertian bahwa Lebaran tidak identik dengan mudik. Pulang kampung ke rumah kakek-nenek masih bisa dilakukan meskipun bukan saat Lebaran.

Agar anak tidak semakin kecewa, tentu keluarga juga harus mempersiapkan kegiatan yang akan membuat anak kembali ceria menyambut Lebaran. Agar suasana lebih berkesan, persiapkan kegiatan yang bisa dilakukan bersama, agar mereka semakin senang. Toh selama ini jika jarang bisa bermain dan melakukan kegiatan bersama mereka karena pekerjaan di kantor.

Persiapkan kegiatan yang akan dilakukan bersama dengan anak agar kegiatan itu tidak hanya menguras waktu dan tenaga, tapi juga berguna bagi perkembangan anak. Liburan dengan jalan-jalan ke mal mungkin sudah sering dilakukan sekeluarga. Bisa juga melakukan kegiatan lain bersama anak-anak. Beberapa kegiatan untuk mengisi Lebaran jika tidak memiliki kesempatan mudik antara lain:

Silaturahmi

Menjaga tali silaturahmi dengan kerabat dan sahabat merupakan hal yang paling penting. Oleh karena itu, bagaimana jika pada lebaran kali ini, Anda sekeluarga pergi mengunjungi rekan-rekan atau kerabat yang tinggal tidak jauh dari Anda, yang kebetulan juga tidak bisa mudik ke kampung halaman masing-masing. Hari pertama Lebaran, Anda sekeluarga bisa mengunjungi tetangga yang kebetulan juga ada di rumah. Dengan kegiatan ini, selain tali silaturahmi tetap terjaga, anak-anak Anda pun akan semakin mengenal tetangganya, yang mungkin saja selama ini jarang bisa mereka jumpai. Untuk lebaran hari kedua, kunjungan silaturahmi ini bisa Anda lanjutkan ke rumah saudara atau rekan yang tinggal jauh dari rumah Anda, namun masih dalam satu kota. Dengan demikian, anak-anak Anda pun bisa mengenal teman-teman orangtuanya.

Liburan Sederhana dan Kreatif

Karena kesibukan kita sehari-hari, waktu untuk bermain dengan anak adalah sesuatu yang langka. Kesempatan liburan panjang lebaran kali ini bisa dimanfaatkan untuk itu. Kegiatan bermain bersama ini tidak perlu harus pergi ke tempat bermain yang mahal. Mungkin Anda ingat pengalaman Anda sewaktu kecil dulu, Anda juga bermain dengan segala sarana yang sederhana. Selama liburan, Anda dapat mengulangi permainan Anda dulu bersama anak-anak Anda. Misalnya saja, Anda bermain perang air atau kemah-kemahan di kebun belakang rumah Anda.

Saat bermain bersama anak-anak, Anda juga bisa sekalian mengarahkan dan membangkitkan kreativitas mereka. Pada dasarnya, anak-anak itu biasanya kreatif dan memiliki energi lebih, terutama saat bermain. Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah, misalnya kardus bekas atau koran bekas. Ajak anak Anda untuk membuat sesuatu dari barang-barang bekas tersebut.

Selain mengajak anak berkreasi dari barang-barang bekas, liburan Lebaran kali ini juga bisa dilakukan dengan mengajak anak melakukan sesuatu yang baru. Kegiatan itu misalnya menjahit, memasak, menari, bertanam, atau menukang. Kegiatan baru ini juga bisa membuat anak sekalian belajar bertanggung jawab, dengan mengajak mereka untuk menyelesaikan kegiatan yang telah mereka mulai. Agar anak semakin antusias, biarkan mereka memilih sendiri kegiatan baru yang akan mereka lakukan itu.

Kegiatan yang mengasah kepekaan sosial dan empati Selain merangsang kreativitas dan melatih tanggung jawab anak, liburan Lebaran juga bisa digunakan untuk mengasah kepekaan sosial mereka. Ajak mereka ke panti asuhan, untuk merayakan Lebaran bersama anak-anak yang kurang beruntung tersebut. Dengan melakukan kegiatan itu, anak-anak akan melihat bahwa di dunia ini ada anak-anak lain yang hidupnya tidak seberuntung mereka. Dengan begitu, anak-anak Anda juga bisa belajar untuk selalu bersyukur. Dalam kunjungan ke panti asuhan itu, Anda bisa membawakan sesuatu untuk dibagikan kepada anak-anak penghuni panti. Ajak anak Anda untuk merundingkan apa saja yang akan diberikan itu. Dengan demikian, anak Anda akan belajar untuk saling berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Selain ke panti asuhan, Anda juga bisa mengajak anak Anda ke panti jompo. Kunjungan ke panti jompo itu bisa mengajarkan pada anak bahwa manusia pada suatu waktu akan berubah menjadi tua. Meskipun sudah tua, para penghuni panti jompo juga memerlukan perhatian dan kasih sayang. Kesempatan ini bisa bermanfaat untuk menanamkan kebijaksanaan pada anak-anak mengenai pentingnya orangtua bagi anak-anaknya.

Dengan mengajak anak berkunjung ke panti, anak juga sekaligus bisa belajar bahwa di dunia ini manusia itu saling membutuhkan, saling memberi dan menerima.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :