Kabar Riau - Awas, Uang Pendidikan Habis di Lebaran

Awas, Uang Pendidikan Habis di Lebaran

Roni
Share :
awas-uang-pendidikan-habis-di-lebaran

Kabarriau.com, Pekanbaru - Lebaran dan jadwal anak masuk sekolah jatuh pada tanggal yang sama tahun 2018. Pada tahun ini hari Lebaran dan tahun ajaran baru di sekolah berada pada periode yang berdekatan, artinya orang tua harus waspada untuk mengantisipasi biayanya.

"Waspada Pengeluaran Besar 2018. Pengeluaran Lebaran dan biaya untuk anak masuk sekolah di waktu berdekatan," kata H Darmawi Aris SE, dari Lembaga Melayu Riau (LMR) menyikapi ini dalam bincang-bincangnya tadi.

Katanya, hari Lebaran memang dirayakan setiap tahun. Lebaran selalu dihiasi dengan berbagai keceriaan yang tentunya dilengkapi dengan banyak pengeluaran pula. "Baik itu untuk biaya mudik, pakaian baru, dan biaya-biaya lainnya. Selain pada perayaan hari Lebaran, pengeluaran juga akan meningkat selama bulan puasa. Memang berpuasa di siang hari dan menghemat biaya makan siang. Tetapi undangan buka puasa bersama yang sulit ditolak akan datang setiap hari dan akhirnya menguras biaya juga," sebutnya.

Dia mengingatkan, selain besarnya pengeluaran menjelang hari Lebaran, semua orang juga masih harus menyiapkan biaya pendidikan anak. Saat ini biaya sekolah umumnya sangat mahal, apalagi jika memasuki jenjang pendidikan baru. "Biaya uang pangkal biasanya sangat mahal dan harus dibayarkan penuh sebelum anak masuk sekolah. Jika anak akan memasuki jenjang pendidikan SD, SMP, SMA atau kuliah pada tahun ini, bersiaplah mengeluarkan biaya puluhan juta. Selain membayar uang pangkal, banyak keperluan sekolah juga yang harus dipenuhi," terangnya.

Anak yang sekolah tidak mungkin pergi ke sekolah tanpa seragam, sepatu, alat tulis, dll. "Perlengkapan tersebut biayanya tidak bisa dianggap sepele," ujarnya menambahkan tahun 2018 biaya besar untuk Lebaran dan anak masuk sekolah bergabung dan harus dibayar pada saat yang bersamaan. (kbr.sul/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :