Kabar Riau - Rokok Tanpa Bandrol Banyak di Pulau

Rokok Tanpa Bandrol Banyak di Pulau

Samsul
Share :
rokok-tanpa-bandrol-banyak-di-pulau

Kabarriau.com, Nusantara - Rokok ilegal tanpa bandrol cukai bebas diperjualbelikan di pulau-pulau kecil diwilayah Provinsi Kepulauan Riau. Bahkan penyebarannya sudah sampai ek Riau daratan.

Badan Pekerja Nasional (Bakernas) Investigation Corruption Indonesian (ICI) menilai cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang No. 11 tahun 1995 sebagaimana yang telah dirubah menjadi Undang-Undang No. 39 tahun 2007. 

"Salah satu barang yang dikenakan cukai adalah rokok. Rokok dikenakan cukai karena rokok termasuk dalam kelompok barang yang mempunyai sifat atau karakteristik dimana orang yang mengkonsumsinya harus dikendalikan, peredaranya perlu diawasi, karena pemakaiannya dapat menimbulkan efek negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup," kata Darmawi. 

Menurutnya, peredaran dan penjual rokok ilegal tanpa cukai kini bebas di pasaran khususnya di Kepulauan Riau (Kepri). Rokok tersebut dibagi dalam beberapa merk ad UN, H Mind dan  Bro serta masih banyak lagi rokok tanpa pita cukai yang beredar di kepulauan itu hingga ke Riau.  

"Jika rokok tanpa cukai dibiarkan begitu saja bebas dipasaran bisa menyebabkan meningkatnya jumlah perokok dikarenakan harga rokok tanpa cukai lebih murah dari pada rokok yang ada cukainya," ungkapnya.

Rokok tanpa cukai hanya diperjualbelikan didaerah kawasan bebas dan tidak boleh diperjualbelikan diluar kawasan bebas. "Seharusnya rokok tanpa cukai ini dibatasi peredarannya, pendapatan negara dapat meningkat cepat sekaligus menurunkan tingkat kematian penduduk akibat menghisap rokok secara berlebihan," jelasnya.

Dinas perindustrian dan perdagangan harus mengontrol predaran rokok tanpa pita cukui dan perlu dilakukan kerjasama dengan pihak penegak hukum agar para distributor rokok ilegal bisa ditertibkan dan diberikan pengarahan tentang bahaya menjual rokok tanpa pita cukai. (kbr.sul/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :