Kabar Riau - Pemprov Riau Setujui Warga Takbir Keliling

Pemprov Riau Setujui Warga Takbir Keliling

Roni
Share :
pemprov-riau-setujui-warga-takbir-keliling

Kabarriau.com, Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tak melarang dan tak bisa mencegah warga masyarakat melakukan takbir keliling menyambut Hari Raya Idulfitri 1439 H/2018.  

Kepala Badan Humas, Protokol dan Kerjasama Setdaprov Riau, M Firdaus berharap masyarakat bisa teta menjaga keamanan dan ketertiban yang melakukan takbir keliling di jalan. "Kami mengimbau pelaksanaan takbir keliling bisa di titik tolak keberangkatan dan kedatangan di mushala, masjid,” kata dia saat ditanya wartawan, Rabu (13/6).

Dia menyatakan takbir bisa dilakukan di tempat statis lain seperti kantor kecamatan dan kelurahan. “Sehingga, tidak menimbulkan kemacetan, kecelakaan, dan lebih khusyuk," katanya.

Dia juga mengatakan masyarakat yang tetap ingin melakukan takbir keliling sebaiknya melapor ke pengurus rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) setempat. Selanjutnya, pengurus RT/RW setempat bisa menginformasikan kepada kelurahan dan kecamatan. 

Nantinya, Dishub akan berkoordinasi dengan kelurahan dan kecamatan untuk mengetahui titik-titik takbir keliling. Selanjutnya, petugas Dishub akan melakukan pengawalan.

Dia menambahkan Dishub bisa memandu masyarakat yang hendak takbir keliling di jalan. "Selain tiu bisa carikan rute yang tidak membahayakan, tidak mengganggu arus lalu lintas,” kata dia.

Dia menekankan koordinasi dengan RT/RW, yang diteruskan ke kelurahan dan kecamatan, menjadi penting karena keterbatasan petugas Dishu. Dishub Riau juga bisa menyiagakan personel untuk arus balik dan mudik mulai H-8 hingga H+8 Hari Raya Idulfitri, termasuk takbir keliling.

Karena petugas Dishub bisa mengarahkan melewati jalan-jalan mana saja. Jika takbir keliling berlangsung lancar maka tidak perlu ada rekayasa lalu lintas selama malam takbiran. (kbr.ron/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :