Kabar Riau - Arus Mudik Lebaran di Bandara Pekanbaru Meningkat

Arus Mudik Lebaran di Bandara Pekanbaru Meningkat

Roni
Share :
arus-mudik-lebaran-di-bandara-pekanbaru-meningkat

Kabarriau.com, Pekanbaru - PT Angkasa Pura II mencatat ada penambahan rute penerbangan (ekstra flight) sebanyak 128 penerbangan pada tanggal 8 hingga 24 Juni 2018. Arus mudik dan arus balik libur lebaran tahun 2018 mengalami peningkatan hingga 14 persen.

"Di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) kita dari 128 ekstra flight, 124 penerbangan untuk domestik dan 4 penerbangan untuk Internasional ke Singapura," kata General Manager PT. Angkasa Pura II, Jaya Tohama Sirait pada wartawan, Kamis. 

Angkasa Pura II juga mencatat ada 16 kelompok terbang (Keloter) Domestik dan 3 Keloter Internasional dengan rata-rata penerbangan mencapai 92-96 kali penerbangan lebaran tahun ini.  "Kapasitas yang ada setiap harinya pada angkutan lebaran itu mencapai 14.855 penumpang dengan kapasitas yang tersedia mencapai 15 ribu seat," sebutnya. 

Mulai dari H-6 menjelang lebaran sampai H+10 lebaran baik sesudah berakhirnya masa cuti dan libur tetap kita koordinasikan ke instansi terkait.

Runway 2.600 Meter Belum BIsa Dipakai

Disamping itu, Runway 2.600 meter di Bandara SSK II sampi kini belum bisa digunakan untuk angkutan lebaran. Meski telah memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 2600 meter, Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru, Riau, belum dapat memfungsikannya untuk kepentingan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini karena kendala teknis. 

Landasan pacu sepanjang 2600 meter yang semula 2.400 x 45 meter telah selesai dibangun sejak tahun 2015, masih harus melakukan sinkronisasi dan kalibrasi. "Namun Runway 2600 belum kita fungsikan untuk angkutan lebaran ini," sebut General Manager (GM) Bandara SSK II, Jaya Tahoma Sirait.

Ini disebabkan berhubung beberapa sinkronisasi kegiatan kalibrasi yang tidak mungkin dilakukan dengan jika kita memindahkan alat instrumen yang ada di sistem itu, "kami lakukan agar keselamatan penerbangan tetap terjaga," kata dia di Kantor Gubernur Riau. 

PT. Angkasa Pura II mencatat ada penambahan rute penerbangan (ekstra flight) sebanyak 128 penerbangan pada tanggal 8 hingga 24 Juni 2018 dengan 16 kelompok terbang (Keloter) Domestik dan 3 Keloter Internasional yang rata-rata penerbangan mencapai 92-96 kali penerbangan. (kbr.ron/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :