Kabar Riau - Kanselir Jerman Nilai Perlu Pertahankan Kesepakatan Nuklir Iran 

Kanselir Jerman Nilai Perlu Pertahankan Kesepakatan Nuklir Iran 

Pimred
Share :
kanselir-jerman-nilai-perlu-pertahankan-kesepakatan-nuklir-iran 

Kabarriau.com, Berlin - Kanselir Jerman Angela Merkel menilai pentingnya mempertahankan kesepakatan nuklir Iran.

"Pertanyaannya adalah, apakah Anda dapat berbicara lebih baik jika Anda mengakhiri kesepakatan (nuklir) atau jika Anda berada di dalamnya. Kami katakan Anda dapat berbicara lebih baik jika Anda tetap di dalamnya," kata Merkel kepada anggota parlemen di majelis rendah Bundestag pada Rabu (16/5).

Menurutnya, kesepakatan tersebut merupakan cara terbaik mengatasi kekhawatiran internasional terkait program rudal balistik Iran dan perannya di kawasan. Ia mengatakan kesepakatan nuklir Iran adalah segalanya selain ideal. Iran, ujar Merkel, berdasarkan pengetahuan dari otoritas nuklir internasional, berpegang pada komitmen kesepakatan.

Jerman, Inggris, Prancis, dan Uni Eropa memang telah bertekad untuk mempertahankan kesepakatan nuklir Iran pascahengkangnya Amerika Serikat (AS). Eropa akan berupaya menjaga minyak dan investasi Iran tetap mengalir. Hal itu merupakan jaminan yang dikehendaki Iran setelah AS mengundurkan diri dari kesepakatan tersebut.

Kesepakatan nuklir Iran ditandatangani Iran bersama Prancis, Inggris, AS, Jerman, Cina, Rusia, dan Uni Eropa pada Oktober 2015. Kesepakatan tersebut mulai berlaku atau dilaksanakan pada 2016.

Kesepakatan nuklir tercapai melalui negosiasi yang cukup panjang dan alot. Tujuan utama dari kesepakatan itu adalah memastikan bahwa penggunaan nuklir oleh Iran hanya terbatas untuk kepentingan sipil, bukan militer. Sebagai imbalannya, sanksi ekonomi dan embargo yang dijatuhkan terhadap Teheran akan dicabut.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :