Kabar Riau - PNS Dilarang Sering Studi Banding

PNS Dilarang Sering Studi Banding

Samsul
Share :
pns-dilarang-sering-studi-banding

Kabarriau.com, Sumatera Barat - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) untuk tidak terlalu sering menghabiskan uang negara demi studi banding ke luar daerah.

"Jangan keseringan studi banding. Hasilnya cuma banding-bandingin, yang dibawa pula oleh-oleh saja. Anggaran habis juga," sebut Asman di Solok dimuat Republika.co.id, Selasa (8/5).

Apalagi bila hasil studi banding yang dilakukan nihil atau minim tindak lanjut oleh ASN yang bersangkutan. Cara pandang kunjungan ke luar daerah atau luar negeri harus diubah dari 'studi banding' menjadi 'studi tiru'. Artinya, hal-hal positif dan kebijakan membangun yang ditemukan di destinasi kunjungan bisa ditiru dan diterapkan di daerah asal ASN. "Ke depan, harus studi tiru. Selesai kunjungan ke daerah lebih baik, pulangnya langsung ditirukan kemajuan dan kelebihan daerah tersebut," katanya.

Saat ini, kata Asman, bukan zamannya lagi bagi ASN untuk terjebak dalam pola pemerintahan yang merawat zona nyaman. Ia mendesak ASN di daerah untuk lebih inovatif, salah satunya dengan menerapkan hal-hal baik yang ditemukan selama melakukan kunjungan ke luar daerah.

"ASN motor pemerintahan, jangan hanya monoton. Datang pagi kemudian ambil absen dan kerja sebentar, lihat jam nunggu istirahat dan pulang sore, seperti itu tiap harinya. Seharusnya, mampu melahirkan perubahan melalui inovasi," katanya.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :