Kabar Riau - IDI Riau akan Gelar Seminar Hukum Kesehatan

IDI Riau akan Gelar Seminar Hukum Kesehatan

Roni
Share :
idi-riau-akan-gelar-seminar-hukum-kesehatan

Kabarriau.com, Pekanbaru - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Riau akan gelar seminar hukum kesehatan  yang akan dilaksanakan Sabtu (12/5/2018) di SKA Co-Ex Pekanbaru, Sabtu (12/5/2018).

Seminar yang akan dilakukan mengangkat tema 'Ancaman Keadilan Bagi Tenaga Medis', dimulai sejak pagi hingga sore.  "Kita akan membangun persamaan persepsi antara profesi dokter dan profesi penegak hukum, dalam penanganan kasus pelanggaran hukum tenaga medik," ujar Ketua Panitia kegiatan, dr Juliana Susanti, MH didampingi Ketua IDI Wilayah Riau, dr Zul Hasdi. 

Dalam paparan acara seminar sehari itu nantinya akan dikupas tuntas permasalahan yang terjadi tentang pidana medik, bukan pidana umum. Tujuannya membangun persamaan persepsi antara profesi dokter dan profesi penegak hukum dalam penanganan kasus pelanggaran hukum tenaga medik.

Rencananya kegiatan ini akan diikuti oleh 300 peserta dari pengurus dan anggota IDI PDGI wilayah Riau, dokter dan dokter gigi dari Kolegium Dokter Spesialis IDI Wilayah Riau, Perhimpunan Dokter Umum Indonesia dan Puskesmas.

Selanjutnya agar kaidah hukum yang mengatur tata cara perilaku dokter sebagai profesi yang taat akan etika, moral, disiplin dan hukum sejajar. Sehingga keharmonisan dan kesadaran akan hak dan kewajiban masing masing dapat menimbulkan suasana tenang dan damai dalam memberikan upaya maksimal pelayanan kesehatan. 

"Mengharapkan akan menyamakan persepsi medis dan hukum agar masyarakat lebih mengetahui kinerja dokter. Dimana dokter harus bekerja sesuai standarnya," pungkas Juliana. 

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Riau Dr Zul Hasdi, mengatakan seminar ini turut mengundang pihak stake holder hukum lainya seperti Polda Riau, Kejati, PWI Riau, PPKP, Pengadilan Tinggi dan BPKP.  "Pihak stake holder lainnya turun diundang dalam seminar yang pertama kali ini kita laksanakan. Bagaimana semua pihak mempunyai dan menyatukan pandangan yang sama," ungkap Zul. (kbr.ron/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :