Kabar Riau - Kebudayaan Riau jadi Sorotan Dunia

Kebudayaan Riau jadi Sorotan Dunia

Roni
Share :
kebudayaan-riau-jadi-sorotan-dunia

Kabarriau.com, Seni Budaya - Melalui Yoserizal Zen, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau. menerima apresiasi dari Malay Heritage Centre (Taman Warisan Melayu) Malay Culturefest & Lintas Nusantara 2017 yang berpusat di Singapura.

atas nama Kebudayaan Melayu Riau memperoleh sertifikat diberikan kepada Yoserizal sebagai Maestro Zapin. Berkat kerja kerasnya yang menjaga, melestarikan dan membesarkan zapin di Provinsi Riau, ia berhasil memperoleh penghargaan itu.

"Ada beberapa kategori dalam pemberian sertifikat ini, diantaranya penetapan Riau sebagai Pusat Zapin di Indonesia, kemudian di Riau kita selalu menyelipkan Tari Zapin di beragam acara," terang Yose pada wartawan, Jumat 

Sanggar Tari Zapin yang didirikannya juga menjadi acuan. Sertifikat langsung diteken GM Malay Heritage Centre, NHB MR Harneis Hadir pada Oktober 2017 dan diterima beberapa waktu lalu. Selain Yoserizal, salah satu tokoh di Jawa Barat juga menerima sertifikat sebagai Maestro Angklung.

Diterangkannya, Zapin adalah khazanah tarian rumpun Melayu yang menghibur sekaligus sarat pesan agama dan pendidikan. Tari ini memiliki kaidah dan aturan yang tidak boleh diubah namun dari masa ke masa namun keindahannya tak lekang begitu saja. Nikmati dendang musik dan syairnya yang legit bak sajian megah langit biru dan jernihnya laut. (kbr.ron/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :