Kabar Riau - Kadisdikpora Nilai Pentingnya Orangtua pada Pendidikan

Kadisdikpora Nilai Pentingnya Orangtua pada Pendidikan

Roni
Share :
kadisdikpora-nilai-pentingnya-orangtua-pada-pendidikan

Kabarriau.com, Rokan Hulu - Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Kadispora) Rokan Hulu (Rohul) menilai peran orang tua sangat penting di dunia pendidikan.

"Yang penting tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap," kata Kadisdikpora Rohul Ibnu Ulya terkait upaya memajukan dunia pendidikan di Rohul, Jumat (6/4/2018).

Menurutnya, ada banyak cara untuk memberikan pendidikan kepada anak baik formal maupun non formal. Pendidikan formal tidak sebatas dengan memberikan pengetahuan dan keahlian kepada anak-anak mereka di sekolah. Pendidikan non formal menanamkan tata nilai yang serba luhur atau akhlak mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku, dan aspirasi dengan bimbingan orang tua di rumah.‎

Sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan formal memerlukan banyak hal yang mendukung yaitu antara lain kepentingan dan kualitas yang baik dari kepala sekolah dan guru, peran aktif dinas pendidikan atau pengawas sekolah, peran aktif orang tua dan peran aktif masyarakat sekitar sekolah, sebuynya.

Pendidikan anak dimulai dari pendidikan orang tua di rumah dan orang tua yang mempunyai tanggung jawab utama terhadap masa depan anak-anak mereka. Ibnu Ulya mengatakan, sekolah hanya merupakan lembaga yang membantu proses tersebut. "Peran aktif dari orang tua sangat diperlukan bagi keberhasilan anak-anak di sekolah supaya anak mampu mengenali dirinya (kekuatan dan kelemahannya), anak dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minatnya, bisa meletakkan pondasi yang kokoh untuk keberhasilan dan membantu anak merancang hidupnya," terangnya.

Pada dasarnya setiap orang tua menghendaki anaknya baik, kata dia lagi. Setiap orang tua mengharapkan anaknya patuh. Setiap orang tua akan merasa bahagia jika anaknya pintar. Dan, banyak lagi harapan lain tentang anak, yang kesemuanya berbentuk sesuatu yang positif.

Peran serta orang tua sangatlah penting, "kita berharap pendidikan  bagi anak anak jangan hanya di bebankan kepada pemerintah saja, tapi keluarga dan masyarakat harus ikut berperan, sebab penyimpangan prilaku anak itu lebih cendrung muncul pada waktu anak telah berada dilingkungan keluarga dan masyarakat," pungkasnya. (kbr.alf/*)


 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :