Kabar Riau - KPU Tetapkan 4 Paslon Pilgub Riau

KPU Tetapkan 4 Paslon Pilgub Riau

Roni
Share :
kpu-tetapkan-4-paslon-pilgub-riau

Kabarriau.com, Pekanbaru - Empat pasangan calon (Paslon) gubenur dan wakil gubernur Riau ditetapkan memasuki Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Juni 2018 mendatang. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin telah menetapkan empat paslon gubernur dan wakil gubernur, tampak hadir 3 pasangan calon gubenur Riau dan wakilnya dalam rapat pleno yang digelar KPU dan Banwaslu Riau di Kantor KPU lantai dua.

Meski berjalan lancar dan aman, satu calon tidak tampak hadir yakni Firdaus MT.  Rusidi Rusdan selaku Ketua Banwaslu Riau menyebutkan dalam rapat pleno, peraturan-peraturan yang harus ditaati 4 pasangan calon gubenur Riau dan wakilnya wajib dipatuhi untuk menjaga kondisi yang aman. 

"Seperti memasang iklan di media cetak dan online serta peragaan kampanye ataupun atribut lainnya yang bersifat kampanye," kata Rusidi. 

Jika aturan yang sudah diberlakukan tidak diindahkan, maka Banwaslu bertindak tegas membuka paksa segala bentuk yang berbaur kampanye. 

"Kita akan kordinasi denga Satpol PP Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau untuk mencabut atribut yang terpasang disetiap sudut daerah," tegas Rusidi. 

Dari pantauan halloriau.com di lapangan, rapat Pleno Penetapan Calon Gubenur Riau dan Wakilnya tampak berlangsung lancar dan hikmah . 

Suasan terasa hening saat, salah satu pasangan calon wakil gubenur Riau, Suyatno mempertanyakan kembali, seperti apa yang seharusnya aturan yang telah ditetapkan Banwaslu terkait atribut dan sebagainya. 

"Untuk atribut, simbol atau bahan kampanye lainnya harus dicopot. Terkecuali pada masa kegiatan pemerintah, kita persilahkan karena para calon masih menjabat posisi yang lama (gubernur atau bupati) selama masuk cuti," terang Rusidi. 

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Riau, Nurhamin dan dihadiri seluruh komisiner, yakni Ilham Yasir, Abdul Hamid, Sri Rukmini, Syapril Abdullah.Pleno berlangsung terbuka.

Nampak hadir dalam acara tersebut Kapolda Riau Irjen Pol Nandang, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Terpisah, disaat KPU telah menetapkan 4 pasangan calon Gubri dan wakilnya, salah satu pasangan calon, Firdaus tampak tidak kelihatan saat rapat pleno. 

Hal ini langsung diluruskan oleh calon wakilnya, Rusli Effendi, yang menyebutkan Firdaus tidak hadir karena masih ada agenda kegiatan dengan masyarakat, meski jabatannya masih menjadi Walikota Pekanbaru. 

"Lagi ada agenda dengan masyarakat karena juga memang belum ada kewajiban hadir. Insya Allah besok hadir dalam acara penetapan nomor urut," pungkas Rusli. (kbr.ron/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :