Kabar Riau - Semarak Jelang Imlek 2018

Semarak Jelang Imlek 2018

Roni
Share :
semarak-jelang-imlek-2018

Kabarriau.com, Pekanbaru - Tahun baru Imlek akan segera tiba. Tanggal perayaannya selalu berubah setiap tahun karena bergantung pada suatu perhitungan. Biasanya berkisar antara 21 Januari sampai 20 Februari. Tahun ini, Imlek akan jatuh pada Jumat 16 Februari 2018.

Ket Tjing, Humas Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau dalam bincang-bincangnya menuturkan, Tahun Baru Imlek juga dikenal sebagai Festival Musim Semi.

"Ini adalah perayaan terpenting dalam kalender Tionghoa. Dalam tradisi Tionghoa, setiap tahun diberi nama menurut salah satu dari dua belas hewan, yang termasuk dalam zodiak Tionghoa atau disebut shio. Dan shio di Tahun Baru Imlek 2018 adalah anjing tanah," terangnya.

Dia menjelaskan, anjing adalah shio kesebelas dari semua hewan zodiak. Menurut salah satu mitos, Kaisar Langit mengatakan bahwa perintah tersebut akan diputuskan oleh perintah di mana mereka tiba di partainya.

Monyet, ayam dan anjing berada di negara lain, membantu dewa mengalahkan iblis. Setelah itu, mereka berangkat ke pesta bersama. Karena mereka tiba pada saat yang sama, Kaisar Langit mengikuti titah mereka bertemu tuhan di negara lain. Dengan demikian, anjing menjadi kesebelas.

Karakteristik anjing yang paling jelas adalah loyalitas mereka. Mereka tidak akan pernah meninggalkan teman, keluarga atau pekerjaan mereka. Jujur dan adil, mereka populer di kalangan sosial. Mereka juga pandai membantu orang lain menemukan dan memperbaiki kebiasaan buruk mereka.

Terlepas dari bagaimana mereka bertindak, mereka suka khawatir dan cemas. Namun, mereka tidak akan membiarkan ini menghentikan mereka. Begitu mereka memutuskan sesuatu, tidak ada yang bisa membujuk mereka untuk tidak melakukan sesuatu.

Namun dari beberapa informasi dan sumber ada lima elemen dan bisa dikaitkan karakternya dengan shio anjing ini. 

  • Logam: Mereka memiliki karakter yang menarik. Suka membantu orang lain dan berkorban tapi memiliki harga diri yang tinggi sehingga tidak suka menerima bantuan dari orang lain. Mereka suka mengambil alih posisi seseorang dan membuka jalan menuju kesuksesan.
  • Air: Mereka suka melakukan perencanaan secara kalkulatif. Fokus membangun pondasi yang kuat untuk masa depan tapi akan menjadi pesimis bila dihadapkan dengan kesulitan. Mereka pekerja keras tapi perlu diberikan stimulus agar potensinya terbuka.
  • Kayu: Mereka sosok yang dapat dipercaya dan sopan. Anjing-anjing ini bisa dipercaya dan sopan. Jika diberi bantuan, mereka akan melakukan apapun untuk membayar kebaikan tersebut. Mereka sangat mematuhi moral dan etika mereka. Sangat sabar dalam melakukan pekerjaan dan akan terus berjuang sampai mereka berhasil.
  • Api: Mereka sosok yang suka mengejar impian. Memiliki target yang kecil tapi justru itu yang memberikan motivasi untuk terus berlanjut. Suka memberikan nasihat dan sangat berhati-hati dalam bertindak.
  • Tanah. Mereka keras kepala dan tidak pernah menyerah. Meskipun begitu, mereka menghormati segala perspektif. Tidak terlalu bersosialisasi dengan baik dengan lingkungan sekitar.

Tiap tahunnya masyarakat Tionghoa di Pekanbaru, Riau memperingati Imlek ini dengan suka cita. Disamping itu ada berbagai kegiatan bakti sosial dan berbagai pertunjukkan keramaian yang disugguhkan.

seperti disebutkan Ket Tjing, Humas Panitia Imlek Bersama Pekanbaru 2569/2018 ini menjelaskan beberapa serangkaian kegiatan acara yang akan dilakukan di Kota Pekanbaru Riau, diantaranya:

  1. Tanggal 3 – 4 Februari Jam 11.00 – acara selesai di Mal SKA Atrium Siak, lomba seni baca puisi, pidato, karaoke dan mengarang dalam bahasa Mandarin untuk pelajar. Puisi klasik disiapkan oleh Panitia, Pidato dan Mengarang dengan tema Budaya Tionghoa dan Bhinneka Tunggal Ika.
  2. Karaoke Mandarin memperlombakan lagu-lagu nuansa Tahun Baru Imlek, lagu daerah Nusantara versi Mandarin, humanisme yang acara tersebut terbuka untuk umum yang masih berstatus pelajar.
  3. Tanggal 8 - 11 Februari, jam 18.30 – 22.00 di Jalan Karet, sekitar 40 stand untuk UMKM (stand gratis) dan beberapa branding Nasional dan tempat untuk pedagang asongan.
  4.  Acara Panggung gembira diisi oleh pelajar dari berbagai sekolah dan FORSERI (10/2/2018). Tanggal 15 Februari Jam 10.00 – 12.05 di Jalan Karet akan dilakukan detik-detik Tahun Baru Imlek pada jam 12.00 WIB dengan kembang api dan petasan, Jam 10.00 Wib – 11.55 Wib. Hiburan dan  nyanyian lagu nuansa Tahun Baru Imlek.
  5. Tanggal 18 Februari. Jam 13.00 – selesai di Hotel Furaya. Dress code : Nuansa Merah. Rencananya akan turut dihadiri oleh Forkopimda Riau seperti tahun-tahun sebelumnya.
  6. Penyalaan petasan oleh para tokoh Tionghoa bersama para tamu VIP akan dihibur oleh artis Tionghoa dari Jakarta, Huang Jia Mei dan artis Pekanbaru, Jessica Ho. Atraksi Barongsai dan Naga, Tarian INLA, Nyanyian Bersama Tamu VIP, Fotobooth, Pembagian Angpao oleh Dewa Rejeki – Chai Sen Ya dan puluhan Lucky Draw ( 1 set Spring bed, 10 sepeda sport, 3 tabungan @ Rp. 1.000.000), 4/3 jam 19.00 – selesai Cap Go Meh di jalan Karet. Setiap tahun dihadiri oleh Forkopimda Kota Pekanbaru.
  7. Panggung hiburan diisi oleh berbagai perwakilan dari ormas Tionghoa, Lembaga Keagamaan dan Sekolah. Penyerahan hadiah bagi para juara berbagai perlombaan.

(kbr.s/***)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :