Kabar Riau - Minggu Depan Firdaus Lepas Jabatan Walikota

Minggu Depan Firdaus Lepas Jabatan Walikota

Roni
Share :
minggu-depan-firdaus-lepas-jabatan-walikota

Kabarriau.com, Pekanbaru - Walikota Pekanbaru, H Firdaus mengaku siap melepas jabatan sebagai Walikota Pekanbaru dan siap mengajukan cuti karena ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

"kita tentu akan ikut aturan, otomatis dengan SK Kemendagri nanti pak wakil langsung menjadi plt,” kata Firdaus di Pekanbaru pada wartawan, Senin (5/2/2018).

Dia mengaku akan ikut di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang  berlangsung pada 27 Juni mendatang. Tanggal 15 Februari, pasangan bakal calon petahana memasuki cuti di luar tanggungan negara. 

Ketentuan cuti diatur dalam Undang-Undang Nomor l0/2016 yang mengatur tentang pilkada, pada Pasal 70 ayat (3), turunan pasal itu dituangkan pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15/2017 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. 

Pasal 4 ayat 1 poin tentang setiap calon harus mengajukan cuti. Cuti tersebut hanya berlaku bagi petahana, baik gubernur/wagub, bupati/wabup maupun walikota/wakil walikota yang maju. 

Menurut aturan, cuti tersebut di luar tanggungan negara dan diajukan ke instansi yang mengangkatnya. Jika gubernur dan wagub harus mengajukan cuti kepada Mendagri, sedangkan bupati/wabup dan walikota/wawalko mengajukan cuti ke gubernur. 

Soal jadwal pengajuan cuti, sudah diatur dengan sangat jelas. Selama kampanye atau sekitar 129 hari, mulai dari 15 Februari 2018 sampai 23 Juni 2018. Meski demikian, surat pernyataan cuti harus diserahkan pada saat melakukan pendaftaran pada 8-9-10 Januari 2018 lalu. 

Sementara, surat izin dari Mendagri harus sudah ada paling lambat 15 Januari. Selain aturan cuti, KPU juga fokus pada syarat pengunduran diri yang tidak bisa ditarik kembali. Hal itu berlaku bagi PNS/ASN, anggota TNI/Polri, karyawan BUMN/BUMD, anggota DPR/DPRD, anggota KPU/KIP serta lurah. Seperti izin cuti, surat pengunduran diri juga diajukan kepada instansi yang mengangkatnya.(kbr.jon/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :