Kabar Riau - Paslon Pilgub Riau Bersaing Ketat

Paslon Pilgub Riau Bersaing Ketat

Samsul
Share :
paslon-pilgub-riau-bersaing-ketat

Kabarriau.com, Pekanbaru - Empat pasangan calon (paslon) yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Riau Drs H Syamsuar MSi - Edy Natar Nasution dan Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno mendapatkan porsi dukungan yang berbeda dari koalisi partai pengusung.

Sedangkan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah mendaftar di KPU Riau, mereka adalah Drs H Syamsuar MSi - Edy Natar Nasution, Firdaus - Rusli Efendi, Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno dan Lukman Edy - Hardianto. 

"Kami mendukung Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno dengan dukungan 25 kursi di tingkat provinsi mengalahkan calon yang lain. Kami yakin bisa mengalahkan lawan," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Riau, Rizaldi AM Abrus , pada wartawan, Kamis (11/1/2018).

Data KPUD Riau 2014 menunjukkan, total kursi DPRD Riau adalah 65 kursi. Namun paslon Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno telah memenuhi ambang batas minimal 13 kursi di DPRD sebagai syarat maju ke Pilgub Riau 2018.

"Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno mengantongi 23 kursi, terdiri dari Partai Golkar (14 kursi), PDIP (9) dan Hanura (2). Paket kami membidik 70 persen suara dari 12 kabupaten dan kota di Riau," terang Rizaldi AM Abrus.

Sementara Syamsuar - Edy Natar Nasution yang diusung tiga partai koalisi PAN (7), NasDem (3) dan PKS (3). mengantongi 13 kursi, Firdaus - Rusli diusung Partai Demokat (9 kursi) dan PPP (5), pasangan calon Lukman Edy dan Hardianto diusung partai Gerindra (7) dan PKB  (6) pada pencoblosan 27 Juni mendatang.

Ketua KPUD Riau, DR H Nurhamin SPt MH mengatakan pengesahan paslon di KPU sudah dilakukan. Keempat paslon masih harus melalui serangkaian tahapan, mulai dari pemeriksaan kesehatan, pengujian administrasi, hingga perbaikan dokumen bagi yang belum memenuhi syarat.

"Setelah disahkan sebagai calon, baru kita lanjutkan ke tahap pengundian nomor urut," katanya.

Masa kampanye Pilgub Riau 2018 digelar 15 Februari hingga 23 Juni. Pemungutan suara dan penghitungan suara dilakukan 27 Juni 2018. "Pilgub Riau 2018 akan menjadi ajang pembuktian sejarah bagi keempat paslon gubernur ini," terangnya. (kbr.sul/*) 


 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :