Kabar Riau - Dua Paslon Cagub-Cawagub Sudah Mendaftar di KPU Riau 

Dua Paslon Cagub-Cawagub Sudah Mendaftar di KPU Riau 

Samsul
Share :
dua-paslon-cagubcawagub-sudah-mendaftar-di-kpu-riau 

Kabarriau.com, Pekanbaru - Sampai kini ada dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau telah mendaftar ikut pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubenur Riau yang telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau adalah paslon Syamsuar (Bupati Siak) dan Brigjen Edy Natar Nasution (Komandan Korem 031 Wira Bima Riau). Pasangan ini diusung PAN (7 kursi), NasDem (3 kursi), dan PKS (3 kursi).

Paslon selanjutnya adalah Firdaus (Wali Kota Pekanbaru) dan Rusli Effendi (PPP). Pasangan ini di pengujung waktu baru mendapat restu dari Partai Demokrat (7 suara) dan PPP (5 suara). Kini kedua paslon telah mendaftar ke KPU Riau. Hari Senin (8/1) kemarin, paslon Syamsuar-Edy Nasution menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Riau, yang selanjutnya diringi paslon Firdaus dan Rusli Effendi.

Rencananya akan ada paslon yang menyusul mendaftar ke KPU Riau yakni paslon Arsyadjuliandi Rachman (Gubernur Riau) yang berpasangan dengan Suyatno (Bupati Rohil). Keduanya mendapat dukungan politik dari Golkar (14 kursi), PDIP (9 kursi), dan Hanura (2 kursi).

Namun koalisi ini belum mendeklarasikan diri. Rencana deklarasi pada Minggu (7/1/2018) batal. Pasangan Syamsuar-Edy, yang diusung 'Koalisi Riau Bersatu', sudah lebih dahulu dideklarasikan pada Minggu (7/1), begitupun paslon Firdaus dan Rusli Effendi.

Sekedar informasi kini ada tersisa kursi partai saat ini seperti, PKB (6) kursi dan Gerindra (7), yang belum berkoalisi. Jika keduanya berkoalisi, dapat dipastikan ada 4 paslon Gubernur-Wagub Riau dalam pesta demokrasi 2018 di Riau.

Ketua KPU Riau DR Nurhamin usai menerima berkas menyebutkan yang telah mendaftar di KPU dua paslon adalah maju aktif, "mereka yang mendaftar baru dua pasangan yang menyampaikan dengan surat resmi," ujarnya, Selasa (9/1/2018).

Dua paslon merupakan calon dari petahana. "Untuk pasangan lainnya akan menyusul, mereka sudah memberitahu sudah ada kabar dari calon, tim ataupun penghubungnya," katanya. (kbr.sul/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :