Kabar Riau - Dewan Waspadai Potensi Konflik di Pilkada

Dewan Waspadai Potensi Konflik di Pilkada

Roni
Share :
dewan-waspadai-potensi-konflik-di-pilkada

Kabarriau.com, Pekanbaru - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Riau Supriati menyikpai masih banyak masyarakat yang tidak tahu soal adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Riau 2018.

Dia juga meminta semua pihak mewaspadai potensi konflik yang akan terjadi pada Pilkada 2018 ini. "Masyarakat desa belum semua tau adanya Pilkada 2018, setidaknya termasuk hari pencoblosan, 27 Juni 2018," kata Supriati pada wartawan, Selasa (9/1/2018).

Selain itu menurut Supriati, potensi konflik juga memungkinkan akan terjadi, "jumlah pemilih Pilkada 2018 yang begitu besar; juga penyelenggara pemilu, anggaran yang begitu besar rawan disalahgunakan," terangnya.

Berkenaan dengan jumlah pemilih di Pilkada 2018, terdapat daerah dengan jumlah pemilih yang begitu besar. Kondisi ini tentu rawan konflik, sehingga menuntut jumlah personel keamanan yang besar pula.

Diakui Supriati saat melakukan reses di beberapa daerah kabupaten masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui pelaksanaan Pilgub Riau tahun 2018. "Ini karena minimnya sosialisasi terhadap masyarakat oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) menjelang Pemilihan Kepala Daerah 2018 mendatang menjadi pandangan khusus bagi kami," ungkapnya

Terkait keamanan Pilkada, Supriati meminta penyelenggara Pemilu menjalin kerjasama dengan aparat keamanan. Kerjasama tersebut sudah diatur dalam UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Dalam hal pencetakan kertas suara hingga pendistribusian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa melibatkan Polri dan TNI untuk pengamanan.

"Pasal 82 misalnya, UU Pilkada mengamanatkan adanya kerjasama penyelenggara Pemilu dengan aparat keamanan dalam mengawal proses pencetakan kertas suara hingga pendistribusian ke TPS-TPS," tambahnya.

Supriati juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membantu mengawal jalannya Pilkada 2018 yang demokratis. Agar Pilkada berjalan dengan aman dan lancar, urainya. (kbr.muf/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :