Kabar Riau - Festival Lagu Batak Solo Disambut Baik LAM Riau

Festival Lagu Batak Solo Disambut Baik LAM Riau

Roni
Share :
festival-lagu-batak-solo-disambut-baik-lam-riau

Kabarriau.com, Pekanbaru - Ir Mangsa Panjaitan MSi, Ketua Penataan Organisasi dan Pendataan anggota mewakili Ketua Umum IKBR Tumpal Hutabarat SE MBA menyatakan serangkaian kegiatan IKBR akan dilakukan disambut baik Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Tadi ini Datuk Nazir Penyalai selaku Sekretaris Umum LAM Riau selaku moderator dalam pertemuan mengatakan menyambut baik kehadiran IKBR di LAM Riau selaku Rumah Besar Masyarakat Riau (semua suku di Riau) termasuk Batak selaku Melayu tertua dikawasan daratan dari Melayu Riau.

Mangasa Panjaitan berterimakasih atas sambutan baik LAM Riau atas kedatangan IKBR, menurutnya sesuai dengan program kerja bidang seni budaya telah membentuk Lembaga Seni Budaya dan Kreativitas Batak Riau bulan Juni 2017.

Lembaga ini akan dilantik pada bulan Maret 2018, dan sebelum pelantikan panitia melakukan serangkaian kegiatan yaitu : Festival Lagu Batak Solo se Riau yang akan berlangsung audisi/seleksi di Kabupaten Kota se Riau mulai 3 Februari - 10 Maret 2018, Final 17 Maret 2018 dan Grand Final 23 Maret 2018 di Kota Pekanbaru, dan saat ini sedang proses pendaftaran hingga 20 Januari 2018. 

Sedangkan puncak acara, kata Mangasa tanggal 22-24 Maret 2018 adalah Pesta Seni Budaya dan Pelantikan Lembaga, dengan kegiatan Carnaval Seni Budaya Batak (Toba, Simalungun, Karo, Pakpak-Dari dan Mandailing-Angkola) bersama seni budaya Melayu Riau dan pementasan serta Pameran seni budaya ke lima etnis Batak dan Melayu Riau, khususnya alat-alat seni budaya tradisional serta promosi daerah wisata Batak di Sumatera Utara dan daerah Riau. 

Sedangkan pameran wisata Sumut Panitia telah menyurati Bupati 11 Kabupaten di SUMUT bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaannya yang berkaitan dengan Batak untuk hadir mempromosikan Seni budaya dan objek wisata. Demikian juga telah audiensi dengan Dinas Pariwisata Riau untuk kegiatan ini. 

Kehadiran sebelas Bupati yang berkaitan dengan suku batak sangat diharapkan begitu juga dengan Jenderal Luhut Panjaitan selaku Dewan Penasehat. Sementara DR. Maruasas Panjaitan selaku Ketua artis bona pasogit di Jakarta telah bersedia hadir sebagai Dewan Pembina di Lembaga Seni Budaya dan Kreatifitas Batak Riau, kata Mangasa.

Semua kegiatan ini adalah dalam bentuk seni dan budaya yang bernuansa Melayu Riau, sehingga kegiatan ini diberi nama Festival Lagu Batak Solo se Riau, Pesta Seni Budaya Batak dan Pelantikan Lembaga Seni Budaya dan Kreatifitas Batak Riau bernuansa Melayu Riau, dengan Thema : Membangun dan Tumbuh Bersama di bumi Melayu Riau dalam bingkai NKRI. 

Mangasa Panjaitan juga menyampaikan, dalam pesta Demokrasi mendatang IKBR perlu adakan diskusi bersama tentang pemimp9in Riau 5 (lima) tahun mendatang, sehingga benar-benar menjadi pilihan rakyat Riau,  dan pemimpin pilihan rakyat benar-benar membangun rakyat Riau secara keseluruhan.  

Datuk Syahril Abubakar selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau menyambut baik dan mendukung penuh maksud kedatangan IKBR terutama kegiatan yang akan dilakukan itu cukup baik sebagai kegiatan bersama untuk membangun kebersamaan. 

Menyangkut pesta demokrasi juga mendapat sambutan baik, melalui LAM Riau, IKBR akan melakukan diskusi dan dialog besarsama. Datuk Hariyanto selaku Polisi Adat LAM Riau menyampaikan, kegiatan ini cukup baik, LAM sangat mendukung penuh, dan saya siap mendampingi panitia kemana saja demi suksesnya kegiatan bersama ini. 

Turut hadir dalam audiensi mendukung kegiatan IKBR datuk Nazib Efindi, datuk Jon, datuk Halim, datuk Asmi Aziz selaku pengus DPH LAM Riau, sedang dari IKBR dan Panitia, Mampe Rotua Sitompul, Onggung Panjaitan, dan Jansen Sinaga Pantun Siburian. (kbr.s/***)


 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :