Kabar Riau - Jalan Beton Rp9, 761 miliar Sudah Rusak

Jalan Beton Rp9, 761 miliar Sudah Rusak

Roni
Share :
jalan-beton-rp9-761-miliar-sudah-rusak

Kabarriau.com, Pekanbaru - Sadar jalan cepat rusak, Kepala Dinas Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kuansing membangun jalan yang rusak dengan menggunakan semen beton.

Menurut Warga di Kuantan Singingi belum genap setahun jalan rigid beton jalur dua dibawah STM Negeri Telukkuantan hingga simpang empat Sawah sudah rusak. Selain bergelombang juga retak. 

Menurut Miing, warga usia jalan yang menggunakan semen rigit beton akan lebih kuat dibanding dengan jalan yang menggunakan hotmix. "Namun bukan terhadap jalan di Kuansing ini, kok baru setahun sudah rusak," sebutnya.

Melihat kondisi di lapangan, jalan rigit beton ini pun sudah banyak yang retak, malah tidak awet, ujar Miing kepada wartawan, Jumat (1/12/2017).

Menurut beberapa warga menjelaskan, usia jalan yang menggunakan rigit beton seharusnya bisa bertahan hingga 5 tahun, jauh lebih lama dibandingkan dengan menggunakan hotmix.

"Kalau dengan hotmix tergantung kondisi jalannya, kalau sering terendam air seperti banjir ya makin cepat rusak. Tapi jika jalan hotmix agar awet, drainesenya harus baik dan jarang digenangi air," papar warga.

Informasinya badan jalan rigit beton itu dibangun PT Kerjasama. Tapi kerusakan sudah mulai tampak terutama didepan sebelah kanan Bank BNI Telukkuantan. Selain retak juga pecah dan berlobang. Yang sebelah kiri sekitar 15 meter dari Bank BNI, kerusakan yang sama juga terjadi.

Informasi diperoleh, proyek pembangunan jalan rigid beton dianggarkan melalui APBD Kuansing tahun 2016 lalu sepanjang lebih kurang 1,8 kilometer dengan nilai kontrak sebesar Rp9, 761 miliar. (kbr.ron/*)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :