Kabar Riau - Kapal Korut Terseret Arus di Laut Jepang

Kapal Korut Terseret Arus di Laut Jepang

Pimred
Share :
kapal-korut-terseret-arus-di-laut-jepang

Kabarriau.com, Internasional - Jepang menggelar penyelidikan mendalam setelah kembali menemukan 10 orang yang mengaku warga Korea Utara terombang-ambing di perairan dekat Hokkaido, Rabu (29/11/2017).

Juru bicara coastguard Jepang, Yuuichi Chiba, mengatakan kepada AFP bahwa kesepuluh orang baru ditemukan ini mengaku sebagai warga Korut yang hendak berteduh dari badai.

"Mereka hanya bisa menjawab 'ya' dan 'tidak' pada semua pertanyaan yang kami ajukan melalui alat pesan elektronik. Kami sudah menyandarkan kapal tersebut ke perairan yang lebih tenang dan akan melakukan penyelidikan di kapal itu," ucap Chiba.

Penyelidikan ini dilakukan hanya beberapa hari setelah delapan nelayan yang mengaku sebagai warga Korut juga terdampar di utara Akita. Sebelumnya, otoritas Jepang juga menemukan 10 jenazah yang diduga warga Korut di dalam kapal kayu di Akita.

Sejumlah ahli mengatakan bahwa puluhan kapal nelayan Korut terdampar di Jepang setiap tahunnya.  Sepanjang tahun ini, sudah ada lebih dari 50 kapal yang ditemukan terseret arus ke Jepang. Tahun lalu, angka kapal yang terdampar di Jepang mencapai 60.

Menurut para ahli, beberapa dari nelayan itu berlayar jauh untuk memuaskan pemerintahnya yang selalu menginginkan hasil tangkapan besar.

Namun, kapal mereka biasanya tak dilengkapi alat yang memadai sehingga kerap mengalami masalah teknis di tengah laut, termasuk kehabisan bahan bakar. 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :