Kabar Riau - Asap Erupsi Gunung Agung Mengerikan

Asap Erupsi Gunung Agung Mengerikan

Samsul
Share :
asap-erupsi-gunung-agung-mengerikan

Kabarriau.com, Karangasem -Erupsi Gunung Agung terus terjadi sejak Sabtu (25/11) petang hingga Ahad (25/11/2017) pagi.

"Asap kawah kelabu bertekanan sedang dan intensitas tebal teramati seribu hingga tiga ribu meter di atas puncak kawah," kata Kepala PVMBG di Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kasbani, dimuat Republika.co.id, Ahad (26/11/2017).

Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menunjukkan ketinggian asap kali ini sudah mencapai tiga ribu meter dari atas puncak kawah.

Sejak pukul 00.00-06.00 WITA, PVMBG mencatat terjadi lima kali gempa vulkanis dangkal dengan durasi 5-45 detik, dan empat kali gempa vulkanik dalam dengan durasi 7-35 detik. Status Gunung Agung masih siaga atau level tiga.
Selain asap, abu vulkanik masih terpantau keluar dari kawah.

Hasil dari analisis Satelit Himawari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan sebaran abu vulkanis mengarah ke barat daya mengikuti arah angin. Hujan abu tipis terus turun sejak pukul 21.30 WITA semalam, khususnya di sektor barat daya Gunung Agung, seperti Desa Besakih, Desa Pempatan, dan Desa Temukus.

Abu terlihat menempel di kaca-kaca mobil kendaraan. Erupsi gunung setinggi 3.142 meter ini juga menyebabkan hujan abu di sekitar Pos Pantau Rendang, Menange, Besakih, dan Kubakal.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :