Kabar Riau - Jemaah Haji DIlarang Berfoto di Masjidil Haram - Masjid Nabawi

Jemaah Haji DIlarang Berfoto di Masjidil Haram - Masjid Nabawi

Pimred
Share :
jemaah-haji-dilarang-berfoto-di-masjidil-haram--masjid-nabawi

Kabarriau.com, Agama - Surat dalam bentuk edaran ke semua perwakilan negara-negara di Arab Saudi pertengahan November lalu yakni Pemerintah Arab Saudi melarang jemaah haji untuk berfoto dan bergurau di dua tempat suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. 

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan edaran yang diterima Kedutaan Besar RI di Riyadh tersebut diteruskan ke Kementerian Agama dan Kementerian Luar Negeri di Jakarta. "Itu untuk semuanya," kata Dubes Agus dimuat CNN Indonesia.com. 

Saat ditanya apakah larangan itu terkait dengan beredarnya foto warga Yahudi di Masjid Nabawi baru-baru ini, Dubes Agus Maftuh membantahnya. "Tidak ada kaitannya sama sekali," kata Dubes Agus Maftuh, Jumat (24/11/2017).

Dalam edaran yang ditandatangani Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Mohammed Saleh bin Taher Benten itu disebutkan bahwa pihak berwenang di Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan instruksi berupa larangan pengambilan gambar di dalam dua masjid suci maupun serambinya, dengan menggunakan segala jenis, bentuk dan sarana apapun.

Pihak berwenang Arab Saudi melaporkan bahwa sebagian jemaah haji dan umrah dari berbagai negara menaikkan bendera negara mereka, dan berfoto atau mengambil gambar di dalam koridor Masjidil Haram.

"Ketika ditegur dan dinasihati oleh pihak keamanan Masjidil Haram bahwa apa yang mereka lakukan melanggar peraturan, sebagian dari mereka berdalih hal itu untuk kenang-kenangan dan tidak tahu bahwa ada instruksi yang melarang pengambilan gambar tersebut," kata Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dalam edarannya kepada KBRI Riyadh.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengimbau agar edaran itu disebarkan, untuk menghindari pelanggaran undang-undang oleh jemaah haji dan umrah, dan dalam rangka menghormati kesucian dua masjid suci, serta demi terciptanya suasana ibadah bagi jemaah yang berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

"Juga karena pengambilan gambar atau berfoto di dalam dua masjid suci akan mengganggu dan memancing perasaan orang-orang yang ada di dalam dua masjid suci," kata Kementerian Haji dan Umrah dalam edarannya.

Selain pengambilan gambar di dua masjid suci baik dengan kamera biasa, kamera televisi, video tidak diperkenankan., para jemaah haji dan umrah juga diminta menghargai perasaan orang-orang yang ada di dua masjid suci. Antara lain dengan tidak melakukan perbuatan yang vulgar dan bersenda gurau saat ibadah.

"Perlu kiranya disampaikan jika terjadi pelanggaran, pihak keamanan menerima instruksi untuk menyita film hasil jepretan dan kamera jika diperlukan," demikian edaran Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tersebut. Larangan berfoto di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sebenarnya sudah lama diberlakukan pemerintah Arab Saudi. Edaran itu tampaknya dikeluarkan untuk mengingatkan kembali para jemaah haji dan umrah di Tanah Suci. 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :