Kabar Riau - Syamsuar Kantongi Dua Cawagub

Syamsuar Kantongi Dua Cawagub

Pimred
Share :
syamsuar kantongi-dua-cawagub

Kabarriau.com, Pekanbaru - Drs H Syamsuar MSi yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Siak itu belum berani mengungkapkan siapa-siapa saja nama yang sudah disepakati untuk calon Wakil Gubernur sebagai pendampingnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau 2018 itu. 

"Saya tidak punya hak untuk mengumumkan dua nama itu," kata Syamsuar dikontak ponselnya, Ahad (12/11/2017). Dikabarkan ada dua nama calon Wagub yang telah dikantonginya seperti disebut-sebut namanya Edy Nasution dan Drs H Irwan MSi

Namun orang terdekat Syamsuar menyebut, nama-nama yang akan mendampinginya ini masih terus dikomunikasikan dengan partai pengusung. Tapi Syamsuar lagi-lagi menyebutkan, belum bisa menyatakan kepada publik terkait nama itu sebelum ada kesepakatan diinternal partai.

Akan tetapi, Syamsuar meyakinkan segera mengumumkan pendampingnya dalam waktu dekat. Dia pun mengapresiasi masyarakat Riau yang telah mendukung keterlibatannya pada pilgub Riau ini. 

"Insya Allah, ini jadi perjuangan saya," kata Syamsuar pada kesempatan Silaturahmi ditengah masyarakat Kota Pekanbaru.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi yang juga menjabat sebagai DPD Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku meskipun telah bertemu dengan Syamsuar saat melakukan Silaturahmi ke Pulau Meranti saat melakukan penjajakan, Syamsuar juga belum bisa memutuskan siapa calon pendampingnya, malah kini PAN telah mengusung Syamsuar. 

"Saya memang berniat maju untuk calon Wakil Gubernur tapi tidak bisa mengambil keputusan sendiri sebelum berunding dengan cagub," kata Irwan yang dirinya telah menempatkan dirinya di posisi itu dan tertulis dibeberapa spanduk yang telah menyebar diplosok kota.

Dukungan terhadap Syamsuar sampai kini diperkirakan masih ada dua koalisi (PAN dan Partai Demokrat) namun dukungan pasangan Syamsuar memunculkan calon alternatif antara dua yakni Edy Nasution dan Irwan.

Ketua DPD partai Demokrat H Asri Auzar sebelumnya menyatakan untuk dukungan terhadap Syamsuar, partai tidak menawarkan syarat agar calon wakil gubernur yang akan mendampinginya berasal dari pilihan koalisi.

"Kita masih komunikasi terus, kita masih membicarakan bagaimana peluang kemungkinan-kemungkinan untuk calon Wagub. Saya kira satu atau dua pekan ini sudah kelar," ujar Asri.

Sosok calon wakil sebagai pendamping tak terlihat ditawarkan baik dari koalisi maupun dari partai pendukung kepada Syamsuar. Meski demikian, santer disebut-sebut kader PAN diusung menjadi cawagub, yakni Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi sangat berpeluang kemungkinan-kemungkinan itu. Namun jika calon tersebut ditolak Syamsuar tentunya koalisi juga memiliki opsi memunculkan kader alternatif.

Lebih lanjut, terkait dengan persiapan Pilkada Riau 2018, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Nurhamin menyatakan sedang melakukan penyelenggarakan Pilgub Riau 2018. Menurutnya, kesiapan bukan hanya di tingkat provinsi, melainkan juga harus dilakukan di tingkat kabupaten/kota. "Persiapan KPU (Riau) sedang dilakukan baik sosialisasi. Target angka partisipasi pemilih dalam Pilgub 2018 meningkat hingga 77 persen atau lebih," kata Nurhamin.

Dia menjelaskan, tahapan- tahapan, seperti pembentukan badan ad hoc, yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) juga sedang dilakukan. KPU Riau, kta dia telah melaksanakan sosialisasi dan pedoman teknis penyelenggaraan pemilu sehingga semua komponen nantinya siap menyelenggarakan.

Pada penilaiannya, pesta demokrasi 2016 lalu partisipasi pemilih sebesar 56 persen. Angka itu menurun jika dibandingkan dengan partisipasi masyarakat Riau dalam Pilpres sebesar 60 persen. Untuk itu diharapkan angka partisipasi masyarakat pada pilgubri 2018 dapat meningkat, harapnya. (kbr.s/***)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :