Kabar Riau - Prosesi Adat Pernikahan Kahiyang - Bobby Afif Tertutup

Prosesi Adat Pernikahan Kahiyang - Bobby Afif Tertutup

Pimred
Share :
prosesi-adat-pernikahan-kahiyang--bobby-afif-tertutup

Kabarriau.com, Solo - Kahiyang Ayu putri Presiden Joko Widodo menikah dengan Muhammad Bobby Afif Nasution dilakukan rangkaian prosesi adat pada Selasa (7/11)/2017.

Prosesi adat yang dilakukan di kediamannya itu dilakukan secara tertutup. Prosesi adat dimulai dengan siraman pada Selasa (7/11) pagi. Sebelumnya pada Senin (6/11) malam telah dilakukan selamatan berupa pengajian di kediaman keluarga Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah.

Untuk acara siraman pagi tadi, sejumlah tamu undangan sudah mendatangi kediaman Kahiyang sejak pukul 07.00 pagi Waktu Indonesia Barat. Tamu yang datang terdiri dari kerabat dekat serta keluarga besar.

Para tamu yang datang ke kediaman Jokowi disambut pengamanan ketat seperti metal detector dan pemeriksaan barang bawaan. Selain itu, para tamu dilarang membawa ponsel ke dalam kediaman Jokowi.

Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres meminta ponsel para tamu undangan untuk menitipkan pada tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. “Memang prosedurnya begitu, selama ikut rangkaian di dalam [rumah] tidak boleh, kalau di sekitaran luar tidak apa-apa,” kata salah seorang paspampres

Prosesi adat yang mesti dijalani calon pasangan hidup Muhammad Bobby Afif Nasution itu berupa pasang bleketepe oleh Jokowi selaku ayah mempelai wanita di depan gerbang rumah, siraman dengan tujuan menyucikan diri, hingga jualan dawet.

Prosesi adat jualan dawet atau cendol yang dilakukan Jokowi dalam tradisi pernikahan Jawa bermakna lambang kesiapan orang tua dalam menikahkan putra-putrinya. 

Selain itu, penggunaan genting liat sebagai mata uang dalam jualan dawet bermakna kehidupan manusia pada hakikatnya bergantung pada Bumi. Dalam tradisi ini, ibu mempelai wanita, Iriana akan bertindak sebagai penuang dawet dan Jokowi sebagai kasir. Hal ini untuk mengajarkan calon mempelai dalam kehidupan berumah tangga, suami dan istri mesti saling bekerja sama.

Selama prosesi adat yang tertutup di luar undangan ini, rombongan Jokowi mengenakan pakaian tradisional Jawa bernuansa oranye dan dipasangkan dengan kain batik cokelat sebagai bawahan. 

Rencananya prosesi adat yang akan dijalankan pada hari ini (7/11) akan berakhir dengan prosesi midodareni yang bermaksud mempersiapkan Kahiyang menjalani pernikahan esok pagi dan memiliki pesona bak bidadari.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :