Kabar Riau - 4 Smartphone Kamera Ganda Terbaik   

4 Smartphone Kamera Ganda Terbaik   

Samsul
Share :
4-smartphone-kamera-ganda-terbaik-  

Kabarriau.com, Technologi - Smartphone dengan kamera ganda, memiliki lensa wide-angle dapat menangkap sudut yang lebih luas sehingga mampu membuat gambar lebih lebar. 

Empat smartphone terbaik dengan dual-camera dengan resolusi tinggi akan menghasilkan jepretan foto yang lebih detil dibanding kamera HP pada umumnya. Selain itu, kemampuannya juga boleh meningkat pada kamera jenis ini. Budgetnya hanya Rp 5 juta, diantara 4 smartphone dual-camera terbaik itu diantaranya:

1. OPPO F3
Tahun 2016 adalah tahun produktif bagi OPPO. Salah satunya adalah deretan smartphone berfitur andalan kamera yang mereka rilis secara hampir bersamaan. Sebut saja OPPO F1, OPPO F1 Plus dan OPPO F1s. Memasuki tahun 2017, mereka memperkenalkan OPPO F3 yang rilis resmi di Indonesia pada tanggal 13 Mei lalu.

OPPO F3 memiliki tampilan mewah dengan bodi berbalut logam. Smartphone ini juga hadir dengan sederet fitur keren, termasuk teknologi dual-camera sebagai kamera depannya (kamera selfie). OPPO F3 memiliki layar LCD IPS LCD berukuran 5.5 inci yang dilapisi dengan layar pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Fitur andalan OPPO F3 adalah kamera depan dengan sensor 16 MP dan 8 MP. Kamera pertamanya memiliki f/2.0 dan dirancang untuk selfie, sedangkan kamera 8 MP-nya memiliki f/2.4 dan dimaksudkan untuk foto group selfie yang membutuhkan angle lebih luas.

OPPO F3 menggunakan sistem operasi Android 6.0 (Marsmallow) yang dibalut dengan ColorOS 3.0. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Mediatek MT6750T, Octa-Core 1.5 GHz Cortex-A53. Kapasitas memori RAM nya 4 GB, dengan memori internal sebesar 64 GB. OPPO F3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3200 mAh. Harga Oppo F3 yang dibanderol Rp 4.4 jutaan dianggap pas dengan keunggulan teknologi kamera depan gandanya. Smartphone ini hadir dalam varian warna Gold dan Rose Gold.

2. Lenovo Phab 2 Plus
Lenovo semakin menunjukkan eksistensinya dalam ajang Lenovo Tech World 2016 dengan memperkenalkan smartphone berteknologi tango pertama, Lenovo Phab 2 Plus. yang dilengkapi dua kameraa atau dual-camera pada sisi belakangnya, Phab 2 Plus tampil elegan. 

Phab 2 Plus memiliki dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 13 MP dan didukung oleh fitur Fujitsu Milbeaut ISP, Phase Detection Autofocus, Laser Autofocus, Refocus hingga Dual LED flash yang bisa membuat hasil bidikan kameranya jernih sebening kristal. 

Smartphone ini didukung pula oleh sensor fingerprint dan layar Full HD IPS capacitive touchscreen raksasa berukuran 6.4 inci dengan kedalaman hingga 16 juta warna dengan resolusi 1080 x 1920 piksel dan kerapatan warna hingga 344 ppi. Permukaan layarnya mendukung multitouch yang begitu responsif.

Lenovo Phab 2 Plus dipersenjatai oleh prosesor Octa-Core berkecepatan 1.3 GHz yang diusung dari chipset Mediatek MT8783 dengan RAM sebesar 3 GB. Kualitas grafisnya didukung oleh GPU Mali-T720MP3. Harga Lenovo Phab 2 Plus dipatok seharga $299 atau sekitar Rp 4 jutaan.

3. Huawei Honor 6X
Daya tarik utama Huawei Honor 6X ada pada bagian kamera belakangnya yang memiliki lensa ganda dengan resolusi 12 MP + 2MP. Keduanya dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus, dan LED flash. Kinerja dan fungsi kedua kamera ini berbeda, dimana lensa 12 MP-nya untuk mengambil gambar berwarna RGB (red green blue), dan lensa 2 MP-nya untuk mengambil gambar B&W (black and white). Kamera utama ini didukung juga dengan kamera depan 8 MP.

Huawei Honor 6X mengusung layar Full HD seluas 5,5 inci yang memiliki resolusi 1080 x 1920 piksel dan dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Sementara di sektor perfomanya ada CPU HiSilicon Kirin 655 Octa-Core, juga varian RAM 3 GB atau 4 GB dan varian memori internal 32 GB atau 64 GB, serta GPU Mali-T830MP2. Untuk fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, harga Rp 3 jutaan yang ditawarkan cukup menggoda juga.

4. Coolpad Cool1 Dual
Di tahun 2017 ini produsen LeEco yang kini bergabung dengan Coolpad juga tak ingin ketinggalan meluncurkan smartphone dual-kamera, yakni Cool1 Dual yang sudah resmi masuk Indonesia. Smartphone Cool1 Dual merupakan handset kelas menengah yang terbilang sangat mengikuti perkembangan teknologi smartphone saat ini.

Tentu saja fitur yang diandalkannya adalah dual-camera yang berada di belakang. Kedua kameranya menggunakan sensor Sony IMX258 beresolusi 13 MP + 13 MP dengan aperture f/2.0 yang mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh. Adanya LED dual tone juga akan membuat hasil foto semakin alami. Sementara untuk kamera depan, resolusi yang ditawarkan adalah 8 MP f/2.2 dengan sensor OmniVision OV8856.

Coolpad Cool1 Dual hadir dengan layar Full HD IPS seluas 5.5 inci dengan resolusi 1080p. Desainnya terlihat sangat berkelas karena menggunakan balutan bodi dari bahan metal. Sementara untuk dapur pacunya, Cool1 Dual mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 652 yang memiliki prosesor Octa-Core 4×1.2 GHz Cortex-A53 dan 4×1.8 GHz Cortex-A72, serta GPU Adreno 510 untuk grafisnya. 

Dengan kapasitas RAM sebesar 3 GB dan memori internal 32 GB, tampaknya Coolpad Cool1 Dual boleh dibilang cukup memadai untuk smartphone kelas menengah saat ini. Berbasis sistem operasi Android 6.0 (Marshmallow), smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh. Coolpad Cool1 Dual dibanderol dengan harga Rp 3.2 jutaan. 

Kelebihan Smartphone Dual - Camera

Smartphone dengan teknologi dual-camera bukan hal yang baru di dalam dunia gadget. Teknologi ini mulai digunakan oleh banyak vendor smartphone pada pertengahan tahun 2014 . Hal ini bagian dari strategi pemasaran, guna menarik lebih banyak konsumen. Dengan menggunakan kamera ganda tentu ada dua sensor kecil.

Dengan demikian, kamera smartphone dapat mensimulasikan efek dari sensor yang lebih besar. Ini adalah hal penting, karena menempatkan sebuah sensor besar di ponsel memiliki tantangan dari sisi ketebalan dan ukuran lensa. Berbekal dua sensor, memungkinkan smartphone memberikan area dua kali lebih luas untuk mengumpulkan data dan cahaya.

Bagi para penggila fotografi, tentu smartphone dengan kamera beresolusi tinggi akan membuat mereka puas dengan hasil jepretan yang didapatkan. Apalagi smartphone dengan dual-camera, tentu hasil jepretannya akan lebih mengagumkan lagi. Lagipula, smartphone berkamera ganda dengan lensa wide-angle dapat menangkap sudut yang lebih luas sehingga pemandangan dapat dimuat lebih banyak dalam foto.

Smartphone dengan dua kamera belakang yang memiliki kemampuan bokeh juga sudah banyak di pasaran dengan harga yang kompetitif. Kemampuan bokeh atau background yang kabur/blur, terlihat lebih artistik dan profesional. Selain itu kondisi luar ruangan serta pengaturan aperture yang rendah juga mempengaruhi pengambilan foto bokeh.

Selain itu smartphone berkamera ganda yang memiliki kemampuan menangkap gambar monokrom, sangat cocok bagi kamu-kamu yang ingin mendalami seni fotografi, terutama fotografi ponsel. Salah satu dari 2 lensa ini akan mengatur tangkapan cahaya, detil serta depth (kedalaman) sehingga foto lebih terlihat dramatis. Artinya, smartphone dengan dua lensa sangat dimungkinkan untuk mengukur kedalaman informasi yang bisa digunakan secara efektif, meniru DoF (Dept of Field, alias ruang tajam) pada kamera digital.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :