Kabar Riau - Pemkab Lingga Kerjasama dengan IPB 

Pemkab Lingga Kerjasama dengan IPB 

Roni
Share :
pemkab-lingga-kerjasama-dengan-ipb 

Lingga, Kabarriau.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka kuliah perdana Diploma I dibidang pertanian dan pertenakan di Gedung Nasional Dabo Singkep, Lingga.

Acara pembukaan kuliah perdana ini dibuka langsung oleh Gubernur Kepri Dr H Nurdin Basirun SSos MSi, Bupati Lingga H Alias Wello SIP, Wakil Direktur Dr Ir Irmansyah MSi, Sekda Kabupaten Lingga Abu Hasim, Anggota DPRD Lingga, Wakapolres Lingga Kompol Ikhsan B Sahroni, Danlanal Dabo Singkep di wakili Letda Wahyudi.

Selain itu juga hadir Kajari Lingga Puji Triasmoro, Kepala Dinas se Kabupaten Lingga, Camat se Kabupaten Lingga, Danramil di wakili Serma Zulkifli, Muspida dan Muspika Kabupaten Lingga, FKPD Kabupaten Lingga, Mahasiswa IPB yang berjumlah 105 orang, dan para orang tua, masyarakat yang haidr berjumlah 400 orang.

Acara dimuali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hypne IPB, pembacaan doa oleh H Ukar Ddani, sambutan Rektor IPB (wakil Direktur bidang  Kemahasiswaan Program Diploma IPB) Dr Ir Irmansyah MSi. 

Adapun pendidikan Diploma I yang dibuka di Lingga merupakan pendidikan berkelanjutan yang diharapkan generasi muda di desa dapat menambah ketrampilannya, pendidikan berbasis produksi, mahasiswa akan dinyatakan lulus bilamana bisa memproduksi padi atau ternak. 

Bupati Lingga H Alias Wello dalam kata sambutannya merasa bersyukur dengan terselenggaranya program pengembangan SDM di Lingga. "Bidang perikanan dan pertanian sangat penting sehingga kita langsung bekerja sama dengan IPB Bogor agar dapat memberikan ilmu nya kepada mahasiswa di Lingga," sebutnya.

Menurutnya, Ini adalah investasi di bidang sumber daya manusia sehingga nanti nya akan berguna bagi masyarakat Lingga. "Kami harap program ini adalah program berkesinambungan dan kami akan meningkatkan ke tingkat yang lebih tinggi. Semoga nantinya kita mempunyai Politeknik di Lingga," ungkapnya.

Program kuliah diploma I di ikuti oleh 105 mahasiswa, 75 orang dalam bidang pertanian dan 30 orang dalam bidang perikanan. Tahun depan akan didirikan sekolah SMK pertanian dan perikanan serta Sekolah tinggi institut Pertanian. Program ini adalah program gratis. 

"Semoga mahasiswa serius dan nantinya akan di nyatakan lulus dengan. hasil yang memuaskan. Tidak semua daerah dapat melaksanakan program ini, kami sangat berharap nantinya mahasiswa yang lulus dapat berguna bagi daerah Lingga dan sekitarnya," sebut bupati.

Sementara sambutan tokoh masyarakat sekaligus orang tua dari mahasiswa D 1 IPB H Harun Ali mengaku sebagai orang tua dari mahasiswa sangat berterima kasih dengan adanya program Diploma 1 pertanian dan peternakan di Lingga, apalagi dengan dukungan Bupati Lingga dan Gubernur Kepri.

"Kami harap kan nantinya anak-anak kami mendapatkan ilmu yang berguna bagi daerah. Kami harapkan juga semoga penambangan timah nantinya di perbolehkan di Lingga karena perekonomian masyarakat saat ini sangat memperihatinkan," katanya.

Pada kesempatan itu Gubernur Kepri Dr H Nurdin Basirun SSos MSi di dampingi oleh Bupati Lingga Alias Wello dan Wakil Direktur IPB melakukan pemasangan jaket almamater IPB. Dalam kata Sambutan Gubernur Kepri sekaligus memberikan kuliah umum berharap semoga daerah dapat melahirkan petani-petani nasional yang berguna bagi Daerah kita dan Bangsa Indonesia.

"Semua bidang seperti Perdagangan, pertanian, perikanan, pertambangan sangat bagus dan bermanfaat bagi kita semua. Semoga nantinya mahasiswa kita berguna untuk desa dan provinsi Kepri ini. Semoga sumber daya manusia kita semakin membaik sehingga mendukung berkembangnya daerah kita," ucap Gubernur Kepri. (ysf)


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :