Kabar Riau - Karnaval Pesona Danau Toba akan Digelar

Karnaval Pesona Danau Toba akan Digelar

Pimred
Share :
karnaval-pesona-danau-toba-akan-digelar

Wisata, Kabarriau.com - Acara karnaval wisata Danau Toba berpusat di Kota Balige, Sumatera Utara (Sumut) itu akan berlangsung pada 9-10 September mendatang.

Karnaval Pesona Danau Toba adalah acara tahunan yang selalu digelar oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata setempat. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan jumlah kunjungan turis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir, Ultri Sonlahir Simangunsong, mengatakan kalau sampai minggu ini persiapan penyelenggaraan acara sudah 100 persen.

Ultri juga mengatakan kalau beragam kesenian, kebudayaan, dan tradisi khas Sumut akan menjadi bintang utama dalam acara tersebut. “Kami memperkirakan peserta akan berjumlah 2.000 orang. Jajaran pejabat pemerintah pusat dan daerah juga akan kami undang,” ujar Ultri, dimuat CNNIndonesia dilansir dari Antara pada Senin (4/9/2017).

Salah satu kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu dalam Karnaval Pesona Danau Toba ialah parade perahu hias beraneka warna dan bentuk yang akan wara-wiri di Danau Toba.

Sebelumnya, ratusan perahu akan menepuh pelayaran dari Soposurung hingga Balerong. Di sepanjang pelayaran itu, terdapat beberapa objek wisata yang menarik. Seperti Pasar Tradisional Balerong, pasar dengan enam bangunan megah berhiaskan ukiran khas Batak Gorda.

Tak hanya di perairan, kemeriahan Karnaval Pesona Danau Toba juga berlanjut di daratan. Pesta Hiburan Rakyat yang berpusat di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige akan menampilkan panggung hiburan dan pasar rakyat.

Kemenpar memang sangat agresif dalam mempromosikan kawasan wisata Danau Toba atau yang disebut 'Monaco of Indonesia' ini. Danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi pada 75 ribu tahun yang lalu ini dimasukkan dalam daftar 10 Bali Baru, daftar pengembangan berbagai tujuan wisata yang diharapkan dapat digemari turis seperti Pulau Dewata. 

Selain menggelar acara, sejumlah pengembangan juga dilakukan agar turis semakin nyaman datang ke Danau Toba. Jalan tol dari Kota Pematangsiantar hingga kawasan Danau Toba di Parapat akan dibangun tahun depan.

Akses transportasi yang sudah ada juga dibenahi, seperti Bandar Udara Silangit Toba. Saat ini telah ada penerbangan langsung dari Jakarta-Kualanamu maupun Batam.

“Danau Toba sudah memiliki potensi, tapi akan kami poles sehingga lebih menarik. Sama seperti Pulau Seribu, Borobudur, dan Bromo,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya pada beberapa waktu yang lalu.

Arief berharap, jumlah pengunjung Karnaval Pesona Danau Toba 2017 dapat meningkat pada tahun ini, sehingga target kedatangan turis sebanyak 1 juta orang ke Danau Toba dapat tercapai pada 2019.

“Tak hanya kemeriahan, acara seperti ini juga harus memberi dampak bagi pendapatan masyarakat di daerahnya, seperti menciptakan lapangan kerja baru di bidang wisata,” pungkas Arief.

Konsultan Perencana BPMPD Pelalawan Katakan Sudah Ikut Aturan
Sepak terjang konsultan perencana dan pengawas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) memang diakui bukan saja mutu yang dijaga juga konsultan ini dengan tegas dia menolak batu paving block yang menurutnya tidak sesuai dengan spek yang telah ditentukan.

Saat diwancara bos konsultan, Hendra terungkap didalam spek paving block memakai beton K 150 sampai K 380 untuk saat ini menurutnya di Pangkalan Kerinci tak ada, sebab paving selain rujukannya tidak mengandung kerikil.

"Saya telah menunjuk salah satu tempat pembelian paving block di Pekanbaru pada kontraktor," Jelasnya, Senin (21/8/17), hal i ni juga diamini oleh kotraktor yang sebelumnya telah sukses mengerjakan paving ini selama 3 tahun.

Ketika ditanya masalah Diakunya fee dalam menghitung (Perencana) proyek di BPMPD dia mendapat 6 persen dari dan pengawasan dapat fee 4 persen dari anggaran, terdengar kabar setiap tahun ada sekitar 5 Milyar rupiah dana untuk pembuatan paving block dan pembangunan gapura selamat datang dan lainya.

Sayang ketika disurvei kelokasi banyak yang ditemukan tidak seperti yang dikatakan konsultan ini, misalnya paving blok dari sekian banyak kantor desa Kiyap Jaya saat ini kondisi paving blocknya mulai meprihatinkan.

Sebelumnya didengungkan di BPMPD salah hitung pada Penunjukan Langsung (PL) dalam pekerjaan pembangunan paving block dan pembangunan gapura selamat datang di sejumlah desa di Pelalawan, Riau.

Dalam hitungan sebelumnya pada saat rapat dengan kontraktor beberpa waktu lalu telah ditemukan selisih hitung oleh PPK yang saat ini dijabat Rusli mantan pegawai senior Pekerjaan Umum (PU) Pelalawan.

Dalam rapat tersebut Rusli mengatakan berdasarkan hitungan HVS ada selisih kelebihan dana sekitar 60 ribu permeter kubik paving block yang akan dikerjakan oleh kontraktor pada PL 2017 ini.

Hal itu juga diamini oleh kontraktor bahwa saat ini pekerjaan paving block dikurangi dari tahun - tahun sebelumnya, tentunya ini mengurangi untung bagi kontraktor, apakah salah hitung atau salah kordinasi antara konsultan perencana dengan PPK


 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :