Kabar Riau -  Singapura - Indonesia Tampilkan Jet Tempur   

 Singapura - Indonesia Tampilkan Jet Tempur   

Pimred
Share :
 singapura--indonesia-tampilkan-jet-tempur - 

Singapura, Kabarriau.com - Aksi menmpilkan jet tempur dilakukan usai TNI Angkatan Udara dan Royal Singapore Air Force (RSAF) mempertontonkan kebolehannya masing-masing.

Acara tersebut disaksikan Presiden RI Joko Widodo bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Marina Bay Cruise Center, Singapura, dimuat CNNINdonesia.com, Kamis (7/9/2017).

Aksi F-22 Raptor menjadi penutup rangkaian acara tersebut, setelah jet tempur F-16 Fighting Falcon masing-masing negara membentuk formasi gabungan. F-22 adalah jet tempur generasi kelima buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat, yang pertama kali diterbangkan pada 1997. Sementara F-16 adalah pesawat generasi sebelumnya dari pabrikan General Dynamics yang pertama kali terbang pada 1974.

Indonesia sebenarnya mempunyai jet tempur buatan Rusia, Sukhoi SU-30, yang mendekati kecanggihan pesawat generasi kelima. Namun, kebolehan pesawat itu tidak dipertunjukkan dalam kesempatan ini. 

Kepala Staf TNI AU (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala RSAF Mayor Jenderal Mervyn Tan menjadi sosok penting dan turut bergabung dalam acara tersebut. Mereka masing-masing menerjunkan 10 orang anggotanya. Sepanjang acara, para penerbang menunjukkan tiga formasi. 

Pertama, mereka membentuk formasi anak panah dengan komposisi 10 pesawat F-16 RSAF di depan dan pesawat F-16 TNI AU di belakang. Berdasarkan keterangan resmi, Penampilan itu diiringi empat lagu dari band gabungan SAF dan TNI AU seperti Mars TNI, the Sunny Island, Hari Merdeka, dan Taruna Jaya. 

Di puncak acara, para pilot membentuk formasi angka lima dan nol. TNI AU membentuk angka "5", sedangkan RSAF membentuk formasi "0". Komposisi itu dibuat sebagai tanda hari jadi ke-50 hubungan bilateral kedua negara.

Band gabungan kembali mengiringi penampilan ini dengan lagu Gemu Famire (Indonesia) dan Home (Singapura). Setelah itu, barulah RSAF menerbangkan pesawat Raptor-nya


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :