Kabar Riau - 'Sungai Siak Bersolek'

'Sungai Siak Bersolek'

Samsul
Share :
sungai-siak-bersolek

Pekanbaru, Kabarriau.com - Sungai Siak juga terdapat jembatan siak yang fenomenal. Jembatan Siak I yang juga dikenal dengan Jembatan Leighton,  jembatan Siak III yang menghubungkan Rumbai dengan pusat Kota Pekanbaru serta jembatan Siak II yang menghubungkan Palas dengan Pekanbaru.

Sungai Siak Kota Pekanbaru dulunya disebut Sungai Jantan. Setiap hari, tepian Sungai Siak di bawah kedua jembatan atau sekitar kedua jembatan ini tidak pernah sepi. "silahkan datang kelokasi sungai ini, apalagi disaat senja. Setiap sore di bawah jembatan Siak I dan III, bisa kita nikmati pemandangan dengan duduk di taman kecil," kata Irwan, seorang pedagang disekitar sungai.

Irwan pun menyediakan kursi-kursi plastik yang berjejer rapi. "Ini kursi disediakan pedagang disini untuk orang yng datang," kata dia.

Di bagian Selatan Sungai Siak terlihat dibatasi dengan turap sederhana, maka di bagian Utaranya dibatasi dengan turap yang sudah disulap menjadi taman kecil dengan lampu-lampu hias di tepi sungai.

Dilokasi tepian sungai juga terdapat kawasan Water Front City (WFC). Sambil menikmati sore di tepi sungai, jika dilihat ke atas jembatan. Jangan terkejut bila banyak anak kecil yang terjun bebas dari atas jembatan. Mereka tanpa takut terjun dan berenang di Sungai Siak itu.

Berbagai keindahan lain yang bisa dinikmati di pinggiran Sungai Siak ini yakni taman kecil di bawah Jembatan Siak III. Di sini, bisa duduk santai di kursi-kursi yang sengaja disediakan pemerintah. Dan persis di sebelahnya terdapat satu buah rumah panggung kayu yang merupakan peninggalan sejarah masa silam.

"Itulah rumah singgah para Sultan Siak dimulai Sultan Siak IX saat berkunjung ke Pekanbaru," kata Irwan lagi.

Disekitar tepian sungai Siak juga tersedia beberapa kuliner dengan berbagai menu makanan. Meski terkenal dengan jagung bakarnya, tapi di sini juga ada pisang keju, makanan ringan seperti mie goreng, mie rebus, air kelapa muda dan berbagai minuman siap saji lainnya. Tentu, suasana senja semakin terasa bersahabat di sini. (muf)

 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :