Kabar Riau - Komputer Apple Dilelang

Komputer Apple Dilelang

Pimred
Share :
komputer-apple-dilelang

Tehcnologi, Kabarria - Para penggila produk Apple bakalan bisa mendapatkan komputer pertama rakitan salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak.

Komputer itu saat ini dimiliki oleh David Larson, mantan profesor Virginia Tech, yang membelinya dari Adam Schoolsky pada 1994 seharga US$3.500. Schoolsky mendapatkan komputer itu sebagai hadiah dari Wozniak dan Steve Jobs yang merupakan teman dekatnya.

Komputer itu dirakit Woz pada 1976. Apple I akan dilelang untuk FAIRS, lembaga non-profit yang membantu grup di negara-negara berkembang dalam bidang sistem radio darurat.

Dalam pelelangan tersebut, pemenang akan mendapatkan surat asli yang diterima Larson dari Schoolsky pada 1994, brosur promosi Apple I dan Apple II, serta publikasi industri PC awal bernama 'Sillicon Gulch Gazette' yang terbit pada 1977.

Pada kesempatan itu juga akan dilelang gambar logo hasil guratan tangan Ron Wayne. Wayne merancang logo Apple yang pertama, menulis manual Apple I, dan menggambar diagram skema Apple I

Pelelangan juga termasuk kartu interface Apple I yang sangat jarang bisa ditemui. PC pada generasi awalnya sering menyimpan program dan data pada kaset. Kartu tersebut memungkinkan pemiliknya menghubungkan perekam kaset ke Apple I. Mayoritas pemilik Apple asli tidak pernah membeli kartu itu.

Apple I sendiri masih bisa dioperasikan meski tentu tidak bisa disamakan dengan komputer Apple terbaru. Seperti kebanyakan komputer paling awal, komputer ini memerlukan sumber daya eksternal dan keyboard terpisah.

Apple memproduksi sekitar 175 komputer Apple I sebelum menghentikan model tersebut di 1977 untuk mendukung penggantinya, Apple II. Hanya tersisa belasan unit Apple I yang diketahui masih ada dan hanya beberapa di antaranya yang masih bisa beroperasi.

 


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :