Kabar Riau - Jeff Bezos.Orang Terkaya Dunia

Jeff Bezos.Orang Terkaya Dunia

Pimred
Share :
jeff-bezosorang-terkaya-dunia

Parlementaria - Kini Jeff Bezos orang terkaya di dunia, melambungnya saham Amazon membuat pundi Bezos melebihi US$90 miliar atau setara Rp1.200 triliun.

Sehari terakhir, nilai saham Amazon naik US$15. Alhasil untuk sementara kekayaan Bezos ikut meningkat tajam. Di saat yang sama, saham Microsoft sedikit melemah.

Karena peringkat ini dipengaruhi oleh hasil jual-beli saham. Maka, status Bezos sebagai yang terkaya mengalahkan Gates masih bersifat sementara. Namun para analis memprediksi Bezos segera memperoleh status terkaya secara permanen dalam waktu dekat.

Selama tujuh tahun terakhir, Bezos jadi yang pertama kali menggusur Gates dari pemegang status orang terkaya. Forbes menyebut pria berkepala plontos itu sebagai orang keenam yang menyandang gelar terkaya selama 30 tahun terakhir.

Bezos memang sudah beberapa waktu membayangi Gates sebagai orang terkaya dunia. Kekayaan pribadinya sangat terbantu oleh moncernya bisnis Amazon yang berujung peningkatan nilai saham mereka.

Pendiri Amazon ini sebenarnya hanya memiliki kurang dari 17 persen saham perusahaan. Kendati demikian peningkatan saham Amazon besar-besaran berhasil mengerek pendapatannya.

CNBC mencatat selama lima tahun terakhir, kekayaan Bezos melesat US$70 miliar atau sekitar Rp932 triliun. Lompatan kekayaan Bezos diperkirakan sebagai yang tersukses dalam sejarah.

Bezos mendapat predikat miliuner pertama kali pada 1998 silam. Saat itu ia merengkuh total kekayaan US1,6 miliar setelah Amazon melepas saham perdana. Posisinya terus menanjak sejak itu. Peningkatan paling tajam terjadi di era 2012 ke atas.

Amazon sendiri merupakan perusahaan berbasis internet dengan pertumbuhan yang sangat agresif. Amazon mengawali bisnisnya dari layanan jual-beli buku digital. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini lantas mengekspansi ke sejumlah bisnis berbeda.

Di industri media, mereka mengakuisisi The Washington Post pada 2013 silam. Bulan lalu Amazon telah merampungkan akuisisi perusahaan ritel Whole Foods. Mereka juga kini memproduksi peralatan elektronik seperti Echo, Kindle, hingga ponsel Fire.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :